10 Destinasi Pariwisata Prioritas Fokus Dikembangkan

JAKARTA (Paradiso) – Program pengembangan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas atau disebut ’10 Bali Baru’ yang dilakukan Kemenpar terus berlanjut. Badan Otoritas Pariwisata (BOP) bersama Kemenpar mulai bangun akses jalan. “Sudah ada 4 destinasi yang siap yaitu Morotai, Mandalika, Tanjung Lesung dan Pantai Kelayang,” kata Arie Prasetyo, anggota Badan Otoritas Pariwisata dalam acara Indonesia Tourism Investment di Menara Batavia, Jakarta Rabu (9/11/2016).

Selain itu, saat ini sudah ada 4 destinasi lagi yang sedang dibangun. Ada Danau Toba, Borobudur, Wakatobi dan Labuan Bajo yang menjadi pusat perhatian BOP saat ini. Persiapan ini mengalami sedikit kemunduran dari waktu yang sudah ditentukan. “Tapi ini tidak mempengaruhi investor sama sekali,” ujar Arie Prasetyo.

Aksi pengambilalihan lahan seperti yang terjadi di Danau Toba ini juga terus dilakukan di 10 destinasi lainnya. Ini adalah bentuk legalisasi tanah sehingga nantinya akan mempermudah dalam menarik investor. Bukan hanya persiapan investasi, perencaan dalam pengelolaan alam juga sudah dipersiapkan oleh BOP. perencaan ini disebut sebagai Master plan. Nantinya master plan akan menjadi pengontrol saat berwisata. Misalnya saja pengembangan wisata diving di Wakatobi. “Saat ada 100 penyelam di satu spot diving akan sangat berbahaya bagi kawasan itu. Nanti akan ada jadwalnya, misalnya Wakatobi hanya boleh dikunjungi 3 bulan dalam setahun,” ungkap Arie.

Hal ini merupakan langkah untuk alam supaya bisa berestorasi secara alami. Sehingga alam diberi waktu beristirahat tanpa ada aktivitas manusia.

Ajak Investor Bangun Tanjung Lesung

Tanjung Lesung masuk dalam 10 destinasi prioritas Kemenpar. Untuk meningkatkan jumlah wisatawan, Kemenpar ajak investor membangun Tanjung Lesung. “Untuk mengalahkan Malaysia kita butuh planning yang tidak biasa,” kata Rian Nugraha, Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Kebijakan Publik.

Salah satu strategi dalam memajukan pariwisata adalah menggandeng komunitas lokal dan UMKM. Begitu juga dengan aksesibilitas menuju Tanjung Lesung. Bukan hanya jalan tol, fasilitas air baku dan pembangunan bandara di Banten selatan juga masuk rencana.

Menurut data statistik daerah, kunjungan pariwisata ke Tanjung Lesung terus meningkat. Walaupun, akses jalan tol belum selesai.

Pandeglang sendiri punya komunitas blogger dan sosmed lainnya sebagai agen promosi Pandeglang. Rencananya di Pandeglang akan dibangun pariwisata agraris dan bahari.

“Saya gandeng komunitas anak muda Pandeglang untuk share foto-foto pemandangan cantik di Banten khususnya Tanjung Lesung,” ujar Irna Narulita, Bupati Pandeglang. (*)

Facebook Comments

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.