10 Destinasi Wisata Menawan di Pangandaran

Jakarta (Paradiso) – Alam Indonesia memang menarik untuk dijelajahi, selain Bali yang terkenal dengan wisata pantainya banyak tujuan wisata lain yang nggak kalah keren untuk dikunjungi selama #PesonaMudik2019. Salah satunya Pangandaran yag merupakan sebuah Kabupaten di Jawa Barat.

“Kabupaten ini memiliki sejuta pesona dan panaroma alam pantai selatan pulau Jawa yang menakjubkan,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Pangandaran punya banyak spot objek wisata keren, mulai dari wisata pantai yang terkenal sebagai tempat surfing yang bagus selain Bali dan Lombok. Lalu juga situs budaya, situs bersejarah serta air terjun yang sangat memanjakan mata dan harus segera kalian explore.

1. Cukang Taneuh / Green Canyon

Green Canyon terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis dengan jarak sekitar 31 km dari Pangandaran. Awalnya disebut Cukang Taneuh berasal dari bahasa Sunda. Cukang mempunyai arti jembatan dan Teneuh berarti tanah jadi Cukang Taneuh mengandung arti jembatan yang terbuat dari tanah alamlah yang memprosesnya sehingga membentuk jembatan dengan tekstur bawah jembatannya adalah stalaknit dan stalakmit.

Jembatan tanah ini merupakan keajaiban alam yang tidak ditemukan di tempat lain. Nama Green Canyon diyakini dijuluki oleh seorang turis Perancis bernama Bill Jhon yang datang ke lokasi pada 1993. Air yang bersih dan lumut hijau yang berlimpah di tebing membuat Bill Jhon terpesona begitu pula Anda.

2. Wonder Hill Jojogan

Wisata alam Wonder Hill Jojogan terletak di Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran yang menyuguhkan pemandangan lautan dari atas pegunungan. Bukan hanya itu, alamnya juga masih perawan serta menawarkan berbagai kerajinan lokal serta kuliner yang dijadikan buah tangan para pengunjung.

Selain untuk berwisata sangat cocok bagi mahasiswa yang ingin melaksanakan penelitian terutama dibidang Ilmu Biologi, karena di lokasi ini ada taman bunga yang dilestarikan oleh pemerintah daerah setempat. Selain taman bunga, di lokasi ini terdapat goa dan air terjun. Bagi pengunjung yang hobi adventure bisa berenang di bawah air terjun dan body refting.

3. Pantai Karapyak

Pantai Karapyak terletak di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat yang menawarkan keindahan alam panorama pantai. Yang menarik, pantai ini berada sangat dekat Pulau Nusakambangan. Cukup dengan menyewa perahu, kita bisa menginjakkan kaki di sana.

Pantai ini memiliki daya tarik berupa hamparan pasir putih yang memanjang sepanjang kurang lebih 5 km, dipadu dengan batu-batu karang. Para pengunjung juga bisa berjalan-jalan menyusuri muara Sungai Citanduy atau lebih dikenal dengan sebutan Sagara Anakan. Jauh di tengah laut, terlihat tegak dua batu karang yang membentuk pintu masuk ke Sagara Anakan.

4. Curug Taringgul (Green Jorge)

Curug Taringgul merupakan hulu dari aliran air menuju Green Canyon yang dikelilingi lembah dan reliefe bebatuan. Salah satu pemandangan istimewa di Curug Taringgul ini adalah air terjun yang indah. Air terjun ini cukup unik karena airnya turun dari aliran yang berasal dari persawahan lalu turun ke sungai tersebut. Air pada aliran sungai tersebut juga berwarna hijau kebiruan.

Cara terbaik untuk menikmati pemandangan indah di Curug Taringgul atau Green Coral adalah dengan wisata body rafting. Sebuah wisata mengarungi sungai dengan menggunakan life jacket dan dengan menggunakan perlengkapan lainya berupa helm, sandal dan decker.

5. Pantai Madasari

Pantai Madasari merupakan salah satu dari deretan pantai di Pangandaran yang menarik untuk dikunjungi. Pemandangan di wisata alam satu ini sangat memesona. Meski lokasinya cukup jauh dan terpencil, banyak wisatawan yang rela berkunjung ke sini. Apalagi kalau bukan karena keindahannya.

Destinasi tersembunyi ini memiliki hamparan pasir putih dan panorama alam menakjubkan. Air biru jernih, ombak yang besar, dan hamparan pasir membentang di bibir pantai. Uniknya, ada beberapa pulau kecil yang mengelilingi pantai Madasari. Pulau-pulau tersebut menyajikan pemandangan yang luar biasa dan cocok untuk menyendiri.

6. Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas terletak tidak jauh dari Pantai Pangandaran dan objek wisata alam Green Canyon (Cukang Taneuh) Ciamis. Jarak pantai ini dari Pangandaran kurang lebih 40 km dengan waktu tempuh sekitar 45 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang cukup besar dan sering dijadikan arena surfing oleh para surfer baik lokal maupun mancanegara. Pantai Batu Karas banyak direkomendasikan komunitas surfing sebagai arena berselancar yang nyaman untuk para surfer terutama bagi para pemula yang ingin belajar surfing. Lokasiny yang lebih dekat dengan wilayah jakarta dibandingkan dengan Bali dan Nias membuatnya menjadi daerah favorit para surfer.

7. Pepedan Hill

Pepedan Hills berada di Kampung Pepedan, Desa Selasari, Parigi, berada tak jauh dari Green Canyon. Pepedan Hills menjadi salah satu daya tarik wisata Pangandaran yang menyajikan spot wisata di ketinggian seperti Tebing Keraton di Bandung atau Panenjoan Purwakarta.

Salah satu titik yg jadi favorit adalah anjungan dengan huruf besar dari kayu bertuliskan I Love U. Dari atas anjungan itu penungunjung dapat menikmati pemandangan indah. Tentu saja ini jadi tempat yang pas buat berselfie ria.

8. Bukit Pariuk Ciwayang

Lokasi wisata ini adalah suatu tempat persinggahan yang terletak di Blok Ciwayang Kp. Neglasari Desa Cimindi Kecamatan Cigugur Kabupaten Pangandaran. Tempat ini berada di atas bukit area Bodyrafting Ciwayang.

Di Bukit Pariuk ada beberapa properti atau aksesoris yang ditambahkan, seperti tempat untuk duduk, makan, berfoto dan semuanya telah di konsep sedemikian rupa seperti layaknya sebuah taman. Tentu disini bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan spot foto yang instagramable.

9. Kedung Wuluh

Tempat wisata kali ini berada di Desa Kedungwuluh, Kecamatan Padaherang, sebuah lokasi wisata air yang memanfaatkan aliran sungai untuk memanjakan para pengunjung. Lokasi wisata yang bernama Kedung Lumpang ini sudah dibuka sejak 15 Oktober 2017 oleh masyarakat sekitar. Selain wisata air yang menawarkan 7 curug (air terjun), para pengunjung juga bisa menikmati fasilitas flying fox, sarana MCK, alat bantu renang serta terdapatnya warung-warung di sekitar lokasi.

Bosan bermain di sungai bisa juga mengunjungi Bukit Gebang yang menawarkan suasana layaknya negeri di atas awan. Tapi tentunya bukan awan sungguhan seperti saat berada di puncak gunung bromo, melainkan hamparan embun pagi hari. Makanya jika mau berwisata ke tempat wisata baru di Pangandaran yang satu ini bagusnya pada saat pagi hari. Karena selain dapat melihat hamparan negeri di atas awan juga bisa menyaksikan indahnya matahari terbit.

10. Sutra Reregan

Wisata Goa Reregan Berlokasi di Desa Selasari, Kampung Salakambang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran. Goa Sutra Reregan dapat di tempuh dalam waktu 1 jam perjalanan dari pusat Pemerintahan Kabupaten Pangandaran.

Goa Sutra Reregan sendiri memiliki karakteristik yang unik yaitu stalakmit dan stalaktit yang alami. Goa Sutra Reregan tidak hanya wisata goa yang dapat anda nikmati, namun anda dapat menikmati beberapa spot selfie.

Ada perahu dari bambu, rumah pohon unik, selter tempat selfie dengan background hutan tutupan Selasari. Di bawah jalan menuju ke Goa Utama Sutra Reregan, dibuat jembatan unik dengan berbahan bambu. Dari Goa Sutra Reregan, kita juga dapat melihat Sunset dan Sunrise di satu tempat. Pemandangan ke timur terlihat Samudra Indonesia dan ke Barat dan sekelilingnya terlihat indahnya hutan dan perbukitan.(*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.