1100 Peserta dari 43 Negara Siap Adu Cepat di Tour de Bintan 2018

BINTAN (Paradiso) – Anda suka balap sepeda? Hobi menjelajah di alam berpanorama indah? Jika iya, segera buka laptop atau gawai Anda. Segera browsing Tour de Bintan 2018. Jangan lupa, registrasi di www.tourdebintan.com. Dijamin, Anda akan happy saat berkompetisi di Bintan nanti.

Saat ini, sudah ada 1.100 pebalap dari 43 Negara yang siap gowes di Tour de Bintan 2018. Padahal, acaranya masih dua bulan lagi. Tanggal fix-nya, 23 Maret – 25 Maret 2018. Bagi yang masih ingin berpartisipasi, kesempatannya masih ada. Panitia masih membuka pendaftaran hingga 1 Maret 2018.

“Target tahun 2018 sebanyak 1.100 peserta. Dan syukur sudah tercapai hingga Januari ini. Kami berharap peserta akan lebih dari itu. Dan pendaftaran masih terus kami buka hingga Maret 2018,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Bintan Luki Zaiman Prawira, Sabtu (20/1).

Popularitas Tour de Bintan jangan ditanya lagi. Sudah punya pamor, punya audience, dan punya nama. Levelnya pun sudah dunia. Cerminannya bisa dilihat dari masuknya Tour de Bintan ke dalam kalender balap sepeda dunia untuk kategori Grand Fondo World Series 2017.

Jumlah pesertanya? Terus meningkat. Pada tahun 2016 ada 824 peserta. Tahun 2017 pesertanya mencapai 1.045 dari 40 negara. Dan di 2018 ini, kemungkinan besar angkanya menembus lebih dari 1100 peserta

“Tahun ini negara terbanyak berasal dari Singapura. Prosentasenya 20 persen. Yang kedua ada dari Inggris sebanyak 16 persen. Setelah itu dari Australia sebanyak 12 persen. Sisanya 35 persen dari berbagai negara. Peserta Indonesia sendiri sebanyak 14 persen,” tambah Luki.

Bagi komunitas penggila balap sepeda dan turis-turis Singapura, ini adalah even yang sangat menyenangkan. Hanya di Bintan, semua rider bisa berkompetisi sambil menjelajah destinasi wisata keren. Semua bisa menjelajah jalan mulus di Lagoi sambil dimanjakan dengan panorama laut yang indah. “Silakan buktikan sendiri. Sudah banyak yang berulangkali ikut Tour de Bintan dan tak pernah merasa bosan,” ungkap Luki.

Yang ingin berkompetisi, silakan pilih kategori yang Anda sukai. DI edisi 2018 ini, panitia sudah menyiapkan lima kategori. Yang pertama Individual Time Trial dengan jarak 17 kilometer. Lokasi start-nya diambil dari Plaza Lagoi. Untuk Kategori Classic 144 kilometer dan Challenge sejauh 82 kilometer akan mengambil lokasi balap dari Simpang Lagoi.

Di kategori Century, Anda akan diajak berpetualang di rute sejauh 111 Kilometer. Venue yang dipilih, Nirwana Gardens. “Untuk kategori Discovery, rutenya sejauh 55 Kilometer. Start-nya dimulai dari Bandar Bentan Telani dan mengambil finish di Nirwana Gardens,” tambah Luki.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik penyelenggaran event sport tourism kelas internasional ini. Baginya, gelaran sport tourism sangat efektif dalam mempromosikan pariwisata berbagai daerah di Indonesia. “Event seperti ini efektif karena nilai media value atau media branding-nya tinggi. Media value yang didapat minimal bisa dua kali lipat dari direct impact turis yang datang,” ujarnya.

Mengapa indirect atau media value lebih besar? “Karena promosi Bintan, Lagoi, dan Wonderful Indonesia, dilakukan media-media dalam dan luar negeri. Ada value yang memang diinvestasikan kembali untuk memperbesar brand. Dan itu dilakukan secara massif sejak pra event, on even dan post event. Ini yang luar biasa,” ungkap Arief Yahya. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.