WRC 2015 Promosikan Wisata Petualangan Indonesia

Jakarta (Paradiso) – Indonesia mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah penyelenggaraan World Rafting Championship (WRC) 2015 yang akan diikuti 650 peserta dari 24 negara  dan berlangsung di Sungai Citarik, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat (Jabar) pada 29 November hingga 8 Desember 2015.

Penyelenggaraan event  WRC 2015  sebagai bagian dari kegiatan wisata minat khusus atau petualangan arung jeram (rafting) tingkat internasional   tersebut diharapkan akan menjadi sarana efektif untuk mempromosikan branding Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia serta menggerakkan perekonomian daerah khususnya Kabupaten Sukabumi  dan sekitarnya.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mendukung penyelengaraan WRC 2015 sebagai momentum untuk unjuk prestasi tim nasional dalam olahraga arung jeram (rafting) tingkat dunia sekaligus menjadi ajang untuk mempromosikan potensi pariwisata Indonesia yang dikemas dalam branding wonderful Indonesia  ke mancangara.

“Event internasional WRC ini akan memberikan dampak ekonomi pariwisata secara langsung (direct economic and tourism), publikasi (media exposure),  juga sangat efektif untuk mempromosikan branding Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia,” kata Menpar Arief Yahya  didampingi President International Rafting Federation, Joe Wille Jones, Sekda Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri, Ketua Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI)  Major Jendral  TNI (Mar) Buyung Lalana  dan dalam jumpa pers persiapan WRC 2015 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Selasa (17/11).

Menpar Arief  Yahya menjelaskan,  Kabupaten Sukabumi  potensi alam yang besar di antaranya Sungai Citarik yang dikembangkan untuk kegiatan  olahraga wisata rafting tingkat internasional . “Potensi alam (nature) kita mencapai 60% menjadi kekuatan dan daya saing di tingkat global. Nature kita kembangkan dalam produk wisata wisata bahari, wisata ekologi, dan wisata petualangan, sedangkan  potensi budaya (culture) memiliki 30%  dikembangkan dalam wisata heritage dan religi; wisata kuliner dan belanja; dan wisata kota dan desa. Potensi manmade 5% dikembangkan dalam produk wisata MICE dan event, wisata olahraga, dan wisata kawasan terpadu (integreted resort),” kata Arief Yahya.

Bupati Sukabumi H. Sukmawijaya mengatakan,  berbagai pertunjukan kesenian berupa  tarian, musik tradisional,  dan seni pertujukan lainnya akan menjadi hiburan pada saat acara pembukaan dan penutupan yang akan diselenggarakan di Pelabuhan Ratu, Jabar. “Selain itu   ada pertunjukan musik tradisional sederhana yang akan menghibur seluruh peserta dan panitia setiap hari selama WRC berlangsung,” kata Sukmawijaya.

Penyelenggaraan WRC akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sukabumi, yang tahun lalu mencapai 72.581 wisatawan mancanegara (wisman) dan 2,8 juta wisatawan nusantara (wisnus).

Ketua FAJI   Mayjen TNI (Mar) Buyung Lalana  mengatakan, terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah WRC 2015 melalui proses bidding yang ketat.  Selain itu Indonesia yang diwakili FAJI dinilai oleh International Rafting Federation (IRF)  berhasil  dengan baik dalam menyelenggaran Pre-World Rafting Championship 2014.  “WRC 2015 akan diikuti tim atlit internasional dari kelompok umur yunior (usia 16-19 tahun), youth (19-23 tahun), dan open (semua umur) dari 60 negara untuk memperebutkan posisi terhormat. Para atlit akan bertanding secara profesional dengan bendera negara masing-masin,” kata Buyung Lalana.

Indonesia dalam event WRC 2015 akan mengikutsertakan tim atlet untuk semua kelompok umur dalam sprint, head to head, slalom, dan  down river race.  Diperkirakan kegiatan WRC 2015 tersebut akan melibatkan 1.826  orang dalam antaranya 700 peserta mancanegara,  360 orang panitia, dan 70 media dari dalam dan luar negeri.

Event WRC 2015 akan menjadi salah satu pendorong meningkatnya kunjungan wisman ke Indonesia yang tahun ini mentargetkan 10 juta wisman serta  menggerakan 255 juta wisnus. Pada September 2015  jumlah kunjungan wisman mencapai  869.179  wisman atau tumbuh  sebesar 9,84 %,  sementara itu  secara kumulatif Januari hingga September  2015   jumlah kunjungan wisman sebanyak 7.191.771 wisman atau tumbuh 3,53%. (*/bowo)

Facebook Comments

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.