15 Ragam Atraksi Setiap Hari di Bangka Culture Wave

SUNGAILIAT (Paradiso) – Bangka Culture Wave (BCW) 2019 dijamin padat agendanya. Bahkan, akan menyajikan sedikitnya 15 konten setiap hari. Warna budayanya pun sangat beragam, termasuk World Art Music & Dance Collaboration dari 4 negara. Kehadiran peserta dari mancanegara dipercaya menguatkan pamor BCW 2019.

Penyelenggaraan BCW 2019 akan digelar 2-7 April 2019. Venue-nya ada di De’Locomotief, Pantai Wisata Tonaci, Sungailiat, Bangka. Opening ceremony BCW 2019 akan digelar Selasa (2/4) mulai pukul 09.30 WIB. Mengusung tema ‘Home Coming’, ritualnya akan spesial dengan performa beragam warna budaya nusantara hingga dunia.

Pelaksanaan Bangka Cultural Wave 2019 akan diwarnai dengan penampilan budaya dari 4 negara. Ada Hongaria, Slovakia, Meksiko, dan Spanyol. Mereka akan tergabung dalam World Art Music & Dance Collaboration. Ke-4 negara ini akan berkolaborasi dengan Etnic Percussion. Owner Tongacie de’Locomotif Anton Soegito Poetra mengatakan, BCW 2019 akan digelar meriah.

“Ada perubahan komposisi untuk peserta mancanegara di last minute. Dengan 4 negara, BCW 2019 ini akan tetap menarik dan meriah. Sebab, komposisinya berbeda dari tahun kemarin. Kontestan dari tahun lalu hanya Hongaria saja. Sebab, Amerika Seriat digantikan Meksiko,” kata Anton, Minggu (31/3).

Perubahan jumlah dan komposisi kontestan mancanegara memang terjadi di BCW 2019. Sebelumnya peserta mancanegara diisi oleh budaya dari 5 negara. Yaitu, Spanyol, Hongaria, Finlandia, dan Slovakia. Finlandia masuk menggantikan Jepang. Negara lainnya adalah Amerika Serikat (AS). Namun, AS akhirnya digantikan oleh Meksiko dan Finlandia batal bergabung.

Komposisi 4 negara di BCW 2019 sama seperti tahun kemarin. Pada 2018, BCW juga dimeriahkan 4 negara dunia. Mereka terdiri dari, Amerika Serikat, Argentina, Venezuela, dan Hongaria.

“Pastikan semua hadir dalam opening ceremony BCW 2019. Sebab, prosesinya menarik. Konten-konten yang ada dalam BCW 2019 lainnya juga jangan sampai terlewatkan. Sebab, wisatawan bisa menikmati beragam warna budaya terbaik,” tegas Staf Khusus Menteri Bidang Multikultural Kemenpar Esthy Reko Astuti.

Digelar hampir sepekan, BCW 2019 akan menampilkan sedikitnya 15 konten per hari. Rinciannya, ada 12 konten tetap harian lalu 3-5 sub event tambahan. Konten tetap BCW 2019 tersebut diantaranya, Collosal Theatrical (Tema Cheng Beng), Pang Chiam Show (Bangka Heritage), World Art Music & Dance Collaboration, Live Arts Painting Collaboration, hingga Glow in The Dark Body Painting Arts Show.

Warna budaya semakin kental dengan Barongsai, Shadow Puppet, juga Fashion Design. BCW 2019 pun semakin hangat dengan Live Demo Culinary Arts & Barista, Bazaart, Painting Expo & Books Installation, plus Urban Ethnic Live Music. Esthy menambahkan, konten mengagumkan sarat inspirasi bisa dinikmati seharian penuh di De’Locomotief, Pantai Wisata Tonaci.

“BCW 2019 ini event luar biasa. Sangan menginspirasi. Semua bisa dinikmati dari pagi hingga malam hari secara penuh. Silahkan datang langsung ke De’Locomotief lalu nikmatilan beragam sajian budaya terbaik. Konten reguler ini semakin lengkap dengan beberapa sub event lainnya,” lanjut Esthy lagi.

BCW 2019 memiliki konten tambahan. Komposisi dan jumlahnya beragam setiap harinya. Setelah ritual opening ceremony pada hari Selasa (2/4), ada 3 konten tambahan yang dihelat. Sebut saja Lomba Lagu Pop Daerah & Dangdut Melayu, Workshop Fashion Arts Recycle Costum (Tema Biota Laut), hingga Workshop Video Blog. Sehari berikutnya, ada 4 konten tambahan yang disajikan pada Rabu (3/4).

“Konten yang disajikan sangat padat setiap harinya. Hal ini tentu menjadi point plus bagi BCW 2019. Ada banyak inspirasi yang didapatkan oleh wisatawan. BCW 2019 juga tetap membagikan pengetahuan melalui workshop. Bila ini dikembangkan, pasti ada value positif yang bisa menjadi inkam menjanjikan,” tutur Asdep Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati.

Konten tambahan terbesar akan disajikan Kamis (4/4) dengan 5 slot. Komposisinya terdiri dari Lomba Plastisin, Lomba Lukis Kolase Pasir, dan Lomba Kreasi Pasir Pantai. Ikut digelar juga 2 workshop, yaitu Fashion Arts Recycle Costum (Tema Biota Laut) dan Mural Painting.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menerangkan, BCW 2019 menjadi destinasi liburan favorit.

“BCW 2019 harus menjadi detinasi liburan terbaik. Spot ini sangat favorit. Wisatawan akan mendapat banyak experience apabila berkunjung ke sini. Fenomena budayanya sangat menginspirasi. Belum lagi komposisi alamnya yang sangat eksotis. Dengan kombinasi seperti ini, kami yakin BCW 2019 akan dikunjungi banyak wsiatawan. Selain atraksi, aksesibilitas dan amenitasnya sangat bagus,” tutupnya. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.