180 Peserta dari Singapura Bergabung, Etape III TdK 2018 Jadi Seru

BATAM (Paradiso) – Etape III Barelang Classic Tour de Kepulauan Riau (TdK) 2018, Minggu (30/9), berlangsung menarik. Lebih seru. Sebab, 180 pebalap sepeda yang berangkat dari Singapura, bergabung di etape ini.

Kawasan Engku Putri, Batam, dipilih sebagai lokasi flag off. Sebanyak 260 dilepas terlebih dahulu sekitar pukul 07.30 WIB. Sedangkan 180 peserta kategori gran fondo asal Singapura, tiba sekitar pukul 08.00 WIB. Para peserta ini dilepas pukul 08.30 WIB.

“Jumlah keseluruhan peserta 440 orang dari 24 negara. Dan mereka berkumpul semua di etape ini. Termasuk 180 peserta yang berangkat dari Singapura. Jumlah 180 itu berdasarkan list yang kita terima dari Singapura,” papar Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau Buralimar.

Flag off etape terakhir Tour de Kepri 2018 ini, dilakukan Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata, Guntur Sakti. Saat diwawancara, Guntur mengaku memiliki kenangan khusus pada event ini.

“Dulu kita yang memprakarsai event ini. Tepatnya tahun 2014 lalu. Tapi, dulu Tour de Kepri dimulai dari Batam, kemudian ke Bintan dan terakhir ke Tanjungpinang. Tahun ini rutenya di balik. Dari Tanjungpinang berakhir di Batam,” terang Guntur.

Namun, ia mengapresiasi pelaksanaan tahun ini. Terlebih, melibatkan banyak peserta mancanegara. “Terbukti event ini menarik. Banyak peserta dari luar negeri. Ini keuntungan buat Kepri. Karena, peserta itu adalah juga wisatawan,” katanya.

Sementara Kabid Pemasaran Area 2 (Sumatera) pada Asdep Pemasaran I Regional I, Kiagoos Irvan Faisal, mengaku bangga bisa menjadi bagian dari event ini.

“Terima kasih kepada seluruh peserta yang telah ambil bagian dalam event ini. Tour de Kepri 2018 ini adalah penyelenggaraan kedua setelah tahun 2014 lalu. Dan saya sangat bangga bisa berada diantara 440 peserta yang berasal dari 24 negara,” katanya.

Irvan pun berharap peserta mendapatkan momen terbaik dari event ini.

“Saya yakin anda semua menikmati semua momen di sini. Dan mendapatkan kesan yang baik. Silahkan datang kembali tahun depan,dengan tim yang lebih besar dan momen yang lebih baik lagi,” ajaknya.

Hal senada disampaikan Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional I Masruroh.

“Kepulauan Riau sudah melaksanakan event ini dengan sangat baik. Mudah-mudahan kesan baik pun didapat para peserta. Sehingga, mereka akan datang kembali tahun depan dengan semangat baru,” harapnya.

Apresiasi diberikan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Menurutnya, sport tourism adalah event tepat untuk mendatangkan wisatawan mancanegara.

“Apalagi digelar di Great Batam yang memiliki reputasi luar biasa. Kepri dengan Great Batam adalah tujuan wisman untuk berlibur. Dan event seperti ini akan turut mengundang wisatawan untuk datang,” papar Menteri yang membawa Kemenpar No 1 dan terpilih sebagai #TheBestMinistryOfTourism2018 se Asia Pasifik di Bangkok. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.