2014, Jumlah Wisatawan Dunia Capai 1,14 Miliar Orang

Jakarta (Paradiso) – Jumlah wisatawan dunia atau wisatawan internasional, yaitu orang yang melakukan perjalanan ke luar negeri dari berbagai negara di dunia, mencapai 1,14 miliar orang pada tahun 2014.

Sekjen United Nation World Tourism Organization (UNWTO), Thaleb Rifai mengatakan angka ini naik 4,7% dibanding tahun sebelumnya. Dari data tersebut, wisatawan asal Amerika dan Asia menunjukkan peningkatan jumlah perjalanan paling kuat. Namun, diperkirakan, laju peningkatan tersebut akan melambat pada tahun ini.

“Dalam beberapa tahun belakangan, pariwisata telah terbukti sebagai aktivitas ekonomi yang kuat dan tahan terhadap krisis ekonomi. Sebelumnya, UNWTO telah memprediksi jumlah perjalanan wisatawan meningkat sebesar 4 sampai 4,5% pada tahun 2014. Tahun ini, jumlah perjalanan wisatawan internasional diprediksi meningkat sebesar 3 sampai 4 persen karena turunnya harga minyak dunia yang berimbas ke banyak sektor,” ujarnya.

Dikatakan, hal ini memang bisa menurunkan biaya transportasi dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi karena meningkatnya kemampuan dalam membeli. Namun, hal ini juga bisa berdampak negatif pada negara-negara pengekspor minyak yang selama ini muncul sebagai pasar pariwisata yang kuat. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.