4 Elemen Untuk Mensukseskan Loyalty Program


Bali (Paradiso) – Tidak dapat dipungkiri, persaingan pasar saat ini sangatlah ketat. Para marketers harus membuat strategi pemasaran yang ampuh. Dari sekian banyak strategi marketing yang dapat dilakukan, salah satunya adalah Loyalty Program. Sudah banyak perusahaan dari berbagai macam industri yang menggunakan Loyalty Program.

Dari banyak perusahaan yang menggunakan Loyalty Program, dapat dipastikan revenue mereka meningkat. Seperti Smile.IO  yang menciptakan Loyalty Program untuk para kliennya, ia melaporkan bahwa para kliennya mengalami peningkatan penjualan rata-rata dari tahun-ke-tahun sebesar 27%.

Bagaimana cara membuat Loyalty Program yang ampuh? Hal apa saja yang harus diperhatikan?

1. Buat Program Yang Mudah 

Tidak perlu ribet, Loyalty Program haruslah mudah dimengerti oleh konsumen agar mereka merasa “tidak ribet” untuk mendapatkan barang yang diinginkan dengan promo yang ada. Seperti salah satu perusahaan retail kebutuhan sehari-hari yang membuat program point  hanya dengan syarat memiliki kartu member yang dapat dibuat tanpa biaya administrasi.  

2. Buat Program yang Menarik

Selain mudah, program haruslah dibuat menarik agar konsumen tertarik. Seperti salah satu E-Commerce yang mengadakan program mini game. Bagi setiap konsumen yang selesai berbelanja, ia akan mendapatkan mystery egg yang harus dipecahkan, didalamnya terdapat voucher menarik seperti potongan ongkir (ongkos kirim). 

3. Adakan Secara Rutin

Selain mudah dan menarik, buatlah program yang mendorong rasa loyalty mereka dengan mengadakan program secara rutin. Seperti memberikan discount, voucher, cashback di awal, tengah atau akhir bulan tiap tahun.  Seperti beberapa E-Commerce  yang mengadakan Flash Sale setiap tanggal dan bulan tersebut sama, tanggal 10 bulan 10, tanggal 11 bulan 11 dan tanggal 12 bulan 12. 

4. Gunakan Sosial Media 

Sosial media pada saat ini sangat digemari oleh masyarakat, data terakhir pada tahun 2018 dari  We Are Social yang bekerjasama dengan Hootsuite, menyebutkan bahwa ada 130 juta orang Indonesia yang terbilang aktif di sosial media. Laporan We Are Social mengungkapkan bahwa total populasi Indonesia mencapai 265,4 juta jiwa, sedangkan pengguna internetnya setengah dari populasi, yakni sebesar 132,7 juta. Oleh karena itu, gunakan sosial media untuk mengajak masyarakat mengikuti loyalty program anda. Ingatkan mereka bahwa perusahaan anda membuat loyalty program dan ada reward yang menarik, semakin banyak yang aktif dapat dipastikan revenue anda juga meningkat. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.