Aceh Disarankan Usung Konsep Wisata Religi Secara Total

acehJakarta (Paradiso) – Badan Pusat Statistik menyarankan Pemerintah Provinsi Aceh untuk segera mengusung konsep wisata religi secara total guna menggenjot tingkat kunjungan wisatawan ke daerah itu.

Menurut Darmawan, Kabid Statistik BPS Aceh mengungkapkan, meskipun terlihat meningkat sepanjang Januari hingga Agustus 2014, angka tersebut tak sepenuhnya menggambarkan kualitas kunjungan wisatawan. Pada Januari-Agustus 2014 total kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) tercatat melonjak hingga 15.705 orang. Sedangkan pada Agustus 2014, jumlah wisman yang berkunjung ke Aceh mencapai 1.913 orang.

“Sebenarnya peningkatan tersebut tidak terlalu drastis. Seperti kunjungan wisman Jerman dan Filipina. Itu melonjak karena kunjungan kapal ke Sabang, tapi tidak lebih dari 6 jam. Tapi sistem pelaporan mengharuskan masuk ke data. Filipina juga bulan-bulan sebelumnya itu hampir tidak ada yang ke Aceh,” ujarnya.

Dikatakan, adapun pasar utama pariwisata Aceh masih didominasi oleh wisman asal Malaysia. Sepanjang Januari-agustus 2014, tercatat, wiman Malaysia 10.291 orang. Karena itu, untuk mendongkrak jumlah kunjungan tersebut, Aceh harus menerapkan secara menyeluruh konsep wisata religi.

“Saya yakin konsep wisata tersebut tak hanya akan menarik minat kunjungan wisatawan domestik, tapi juga mancanegara. Terlebih baru-baru ini Aceh resmi memiliki Qanun (peraturan daerah) tentang Hukum Jinayat (hukum pidana Islam) yang berlaku bagi Muslim dan nonMuslim,” katanya.

Ditambahkannya, saya berpendapat, pengesahan qanun tersebut tak perlu dikhawatirkan akan menurunkan jumlah wisatawan ke Aceh. Justru, pemerintah Aceh harus mengambil kesempatan, yakni pengembangan wisata religi.

“Tak perlu khawatir, karena pasti ada pasarnya. Tinggal bagaimana pemerintah Aceh mengemasnya. Dengan qanun tersebut, justru Aceh lebih aman bagi wisatawan. Ada polisi syariah. Aceh seharusnya sejak dulu menerapkan wisata religi dengan mengusung konsep sebagai wilayah Serambi Mekah. Masalahnya Aceh mau berubah atau tidak. Silahkan cari model pariwisata syariah yang sesuai. Aceh punya banyak potensi. Aceh bisa bekerja sama dengan Thailand di wilayah selatan,” ungkapnya. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.