Adira Insurance Gelar ‘Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2014’

adiraJakarta (Paradiso)– Setelah sukses dimulai tahun 2013 lalu, penghargaan ‘Indonesia Road Safety Award (IRSA)’ kembali diselenggarakan sebagai wujud komitmen, kontribusi, dan kepedulian nyata PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) untuk menekan tingkat kecelakaan di jalan.

‘IRSA 2014’ ini dilakasanakan untuk mendorong seluruh elemen masyarakat, terutama pihak pemerintah kota/kabupaten di Indonesia untuk menerapkan tata kelola keselamatan jalan dengan lebih baik.

Berawal dari kampanye ‘I Wanna Get Home Safely (IWGHS)’,  Adira Insurance semakin mempertegas keseriusannya dalam berkontribusi untuk menekan tingkat kecelakaan di jalan dengan menyelenggarakan rangkaian kegiatan sebelum puncak penghargaan ‘IRSA 2014’ dilaksanakan, salah satunya adalah dengan mengadakan ‘Kick Off Indonesia Road Safety Award 2014’ yang dilakukan hari ini bertempat di Hotel Crowne Plaza, Jakarta.

Jika ‘IRSA 2013’ lalu menggunakan metode Non Partisipatif dimana peserta dan finalis dipilih langsung oleh para pakar road safety melalui proses seleksi yang panjang, maka penyelenggaraan ‘IRSA 2014’ kali ini semakin menerapkan format yang lebih terarah, terpadu, dan mengakomodir antusiasme yang diperlihatkan pemerintah kota/kabupaten di Indonesia dimana ‘IRSA 2014’ kali ini mengusung metode Partisipatif dan Rekomendasi guna memperluas jangkauan dan peluang keikutsertaan pemerintah daerah di Indonesia secara aktif.

Pada penyelenggaraan IRSA 2014 yang menggunakan disain studi kombinasi Partisipatif dan Rekomendasi, Adira Insurance mengundang sebanyak 253 kota/kabupaten yang telah memenuhi kriteria. Pada akhir periode pendaftaran terdapat 38 kota/kabupaten yang telah mendaftar.

Para panelis yang merupakan pakar road safety juga merekomendasikan kota/kabupaten yang memenuhi kriteria penjurian dimana akhirnya terdapat 38 kota/kabupaten hasil rekomendasi. Dari 38 kota/kabupaten tersebut kemudian diseleksi kembali hingga pada akhirnya terpilih 3 kota/kabupaten sebagai peserta IRSA 2014 dari hasil rekomendasi.

Untuk menentukan 10 finalis, Adira Insurance beserta panitia melakukan survei lapangan ke 15 kota/kabupaten semifinalis. Dari hasil survei, akan terpilih 10 kota/kabupaten finalis IRSA 2014. Para finalis akan diundang untuk melakukan penjurian di depan para Dewan Juri dan mempresentasikan berbagai permasalahan road safety di wilayahnya, beserta dengan program kerja, dan hasil evaluasi terhadap kebijakan yang telah dilakukan terkait dengan tata kelola keselamatan jalan.

Hingga saat ini, ajang ‘IRSA 2014’ telah melewati tahapan awal yaitu pendaftaran dan penyeleksian menjadi 15 semifinalis yang nantinya akan melewati proses survei dan penjurian. ”Secara antusias kami mengamati bahwa terdapat kota/kabupaten baru yang lolos di babak awal ’IRSA 2014’ ini. Kami merasa bahwa dewan juri akan semakin sulit untuk menentukan pemenangnya karena kami melihat seluruh kota/kabupaten sudah mulai well prepared di segala bidang mulai dari tahap awal hingga penjurian. Kami gembira ajang ’IRSA’ ini menjadi pemicu semangat pemerintah kota/kabupaten untuk serius menerapkan tata kelola keselamatan jalan”, ujar Indra Baruna, Direktur Utama Adira Insurance.

Diselenggarakannya kembali ajang penghargaan ‘IRSA 2014’ merupakan bukti komitmen dan kepedulian serius yang diperlihatkan Adira Insurance melalui kampanye ‘IWGHS’ yang dimilikinya untuk senantiasa menyebarkan edukasi terhadap gerakan keselamatan di jalan yang membutuhkan kerja keras dan strategi yang berkesinambungan dan terarah.

Indra Baruna memaparkan lebih jauh bahwa ‘IRSA’ tak sepenuhnya hanya penghargaan belaka, namun terdapat hal penting di dalamnya yaitu evaluasi penerapan tata kelola keselamatan di jalan bagi seluruh finalis IRSA terpilih. Adapun hasil evaluasi tersebut meliputi program berjalan dari masing-masing kota/kabupaten yang perlu ditingkatkan dan program prioritas ke depan yang diperoleh dari hasil survei, panelis, dan penjurian saat ‘IRSA’ berjalan.

“Kami percaya bahwa hasil evaluasi ini akan menjadi aset penting bagi pemerintah kota/kabupaten di Indonesia untuk terus membenahi tata kelola keselamatan jalan. Disinilah peran utama Adira Insurance untuk membantu memberikan evaluasi tersebut kepada pemerintah kota/kabupaten yang tentunya dapat menjadi acuan mereka dalam memperbaiki atau bahkan menata ulang tata kelola keselamatan di jalan yang disesuaikan dengan aturan dan pilar-pilar road safety”, ujar Indra Baruna.

Penganugerahan ini juga didukung oleh berbagai pihak, seperti Kemenhub, Kemenkes, PU, Bappenas, Korlantas Polri, WHO, Global Road Safety Partnership, Road Safety Association, Masyarakat Transportasi Indonesia, dan berbagai pihak pemerintahan, swasta, atau lembaga sosial masyarakat lainnya. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.