Ahok dan Arief Yahya Rayakan Tahun Baru di Monas

Malam Tahun BaruJakarta (Paradiso) – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Menteri Pariwisata Arief Yahya dipastikan menghadiri malam pergantian tahun baru “Jakarta Night Festival” dengan warga ibu kota di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

“Ya bukannya kita enggak ikut sedih soal tragedi itu (AirAsia QZ8501). Tapi ini kan bukan hura-hura juga kan? Saya hanya datang dibuka kayak Car Free Day dan tidak banyak acaranya,” kata Ahok di Balai Agung, Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (29/12).

Ahok mengatakan acara tahun ini berbeda dengan malam pergantian tahun baru sebelumnya. Jika tahun lalu puncak acaranya di gelar di beberapa titik dan berpusat di bunderan Hotel Indonesia, maka kata Ahok tahun ini berpusat di Monas.

“Acara seperti biasa, tapi panggungnya lebih sedikit dan kita juga mungkin enggak ngumpul di sini. Sudah setengah sembilan kita ngumpul di rumah gubernur, kemudian berangkat ke HI, puncaknya di Monas. Jadi dibalik,” kata dia.

Kebetulan dalam acaranya tersebut akan ada launching Pesona Indonesia yang langsung dilakukan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya. Acara itu pun sekaligus dirayakan bersama perayaan tahun baru. “Jadi biar sekalian ikut, karena ada Menteri Pariwisata mau launching Pesona Indonesia. Jadi biar sekalian ikut beliau gitu,” katanya.

Ahok mengatakan, tak ada persiapan khusus menyambut Jakarta Night Festival pada 31 Desember 2014. “Tidak ada (persiapan), biasa saja. Paling besok kita kumpul dulu di rumah dinas (gubernur) di Taman Suropati lalu sama-sama ke Bundaran HI. Dari sana, kita jalan kaki sampai ke Monas,” tutur Ahok.

Terkait dengan jarak tempuh yang cukup jauh, Ahok mengaku siap dan tidak akan kelelahan. “Siap kok, gua saja bisa lari 10 menit nonstop loh,” tukas Ahok.

Sesampainya Ahok dan rombongan di Monas, mereka akan sekaligus menghadiri peluncuran “Pesona Indonesia 2015” oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya.

Dalam menyelenggarakan JNF, Ahok mengaku tidak akan lebih mewah dibandingkan dengan tahun yang lalu. Hal tersebut dikarenakan banyaknya bencana alam yang terjadi di tahun 2014, salah satunya seperti insiden hilangnya kontak pesawat AirAsia QZ8501. “Paling kita gelar doa bersama, kita harus prihatin lah,” ujar dia.

Jakarta Night Festival

Rabu (31/12/2014) malam akan menutup perjalanan tahun 2014 dan membuka pintu gerbang 2015. Pemerintah Provinsi DKI pun merayakan dengan menggelar Jakarta Night Festival (JNF).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta Arie Budhiman mengatakan, kegiatan ini akan berbeda dengan cara pada tahun sebelumnya. “Karena dalam pergelaran JNF kali ini tidak ada parade budaya seperti tahun-tahun sebelumnya, maka akan digantikan dengan pameran produk-produk dari pelaku UKM,” kata Arie Budhiman.

Menurut dia, proyek pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) yang tengah berlangsung di sepanjang lokasi acara juga membuat parade budaya tidak dapat dilakukan. “Area di sepanjang Bundaran HI sampai Monas jadi menyempit,” ujar Arie.

JNF, lanjut Arie juga akan dibarengi dengan kegiatan car free night. Alhasil, seluruh kendaraan bermotor termasuk bus gratis tidak diizinkan melintas di area JNF. “Sehingga, kami mengimbau kepada para pengunjung yang membawa kendaraan pribadi agar memarkirkan kendaraannya di lokasi-lokasi yang sudah disediakan, misalnya di Lapangan IRTI Monas dan sebagainya,” tutur Arie.

Kegiatan JNF akan dilaksanakan pada Rabu (31/12) mulai pukul 20.00 hingga pukul 01.00 WIB mulai dari Bundaran Hotel Indonesia (HI) hingga Monas. Terdapat dua panggung utama yang akan didirikan, yakni di Bundaran HI dan Silang Barat Monas.

Arie menambahkan, pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas selama berlangsungnya JNF sudah diatur dengan baik. Dia mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan kepolisian, Dinas Perhubungan DKI serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) DKI Jakarta. (*)

Facebook Comments

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.