Arief Yahya: Pengembangan Jenis Pariwisata untuk Tarik Wisman

Wisman bersepeda kunjungi desa wisata di Yogyakarta.
Wisman bersepeda kunjungi desa wisata di Yogyakarta.

Jakarta (Paradiso) – Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan memang sudah bukan jadi rahasia bahwa Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah dan kebudayaan yang megah. Tapi, bagaimanakah komposisi pemerintah mengolah kedua potensi tersebut?

Menurutnya jenis pariwisata yang dikembangkan untuk menggaet wisatawan mancanegara (wisman) dibagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama adalah nature, atau wisata berbasis alam yang terdiri atas wisata bahari, ekologi dan petualangan. Dalam pengembangan sektor ini, pemerintah menetapkan komposisi sebesar 35%.

“Bagian kedua adalah wisata berbasis budaya atau culture. Jenis wisata ini terdiri atas warisan kebudayaan dan religi, wisata kuliner dan belanja, serta wisata kota dan pedesaan. Untuk jenis wisata ini pemerintah menetapkan komposisi sebesar 60%,” ujarnya.

Dikatakan, sementara itu, jenis pariwisata terakhir yang dikembangkan ada wisata buatan, yang terdiri atas meeting, incentive, convention & exhibition (MICE), wisata olah raga dan kawasan terpadu. Untuk jenis wisata ini, pemerintah menetapkan komposisi 5%.

“Ketiga potensi wisata tersebut akan terus dikembangkan pemerintah demi mengejar target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara pada 2019,” katanya. (*)

Facebook Comments

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.