Bali Kini Menjadi Surga Golf Dunia

golf baliJakarta (Paradiso) – Bagi khalayak mengenal Bali sebagai tempat tujuan wisata alam dan budaya di Indonesia. Namun, Bali tidak hanya dikenal sebagai wisata alam dan budaya, tetapi juga sebagai tempat untuk melakukan olah raga golf. Beragam fasilitas penunjang olah raga ini ternyata tersedia lengkap di Bali.

Salah satu perusahaan yang sering menggunakan fasilitas golf di Bali adalah Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). Belum lama ini, ratusan eksekutif perusahaan asuransi umum di Indonesia itu tampak memadati hamparan rumput segar nan hijau di kawasan Nusa Dua, Bali.

Para eksekutif tersebut melepas penat dengan menyalurkan hobi golf setelah dua hari berturut-turut memeras pikiran untuk mengikuti pertemuan tahunan Indonesia Rendevouz. Selama ini, golf selalu dijadikan penutup kegiatan Indonesia Rendevouz, karena peminat yang besar.

Menurut Julian Noor, Direktur Eksekutif AAUI mengatakan golf menjadi bagian dari networking. Jadi sangat selaras dengan kegiatan konferensi yang dilakukan di Bali. Saya bersyukur kawasan Nusa Dua memiliki Bali National Golf Club yang berstandar internasional sehingga tidak perlu pergi ke lapangan lain yang jaraknya cukup jauh.

“Bahkan, kemarin karena yang bermain banyak dan tempatnya kurang jadi harus giliran. Fasilitas golf di Bali mampu memuaskan dahaga para eksekutif yang hobi olah raga ini. Selain itu, tambahnya, lokasi lapangan golf berdekatan dengan daerah wisata,” ujarnya.

Dikatakan, peminat olah raga tersebut tidak hanya dari eksekutif di Indonesia, tetapi para tamu mancanegara.

Sementara Adi Sudarmono, sopir agen tour and travel menuturkan pernah merasa kaget saat menjemput tamu dari Korea Selatan. Ketika baru sampai di bandara yang ditanyakan pertama kali, bukan lokasi wisata, tetapi lapangan golf.

Seiring maraknya penyelenggaraan meeting incentive conventions and exhibition (MICE) yang menjadikan golf sebagai bagian acara, membuat kegiatan ini semakin banyak peminatnya. Potensi ini tidak dilepaskan begitu saja oleh investor yang berada di Bali. Kondisi alam Bali yang sangat beragam mulai dari pegunungan hingga ke pantai, membuat lapangan golf yang di bangun di provinsi ini mampu mewadahi pemain dari tingkat pemula hingga internasional.

Awalnya, lapangan golf di Bali hanya tersedia Nirwana Bali Golf Club dan Bali Handara Kosaido and Country Club yang terletak di kabupaten Tabanan. Semakin tingginya minat khalayak, mulai dibangun lapangan baru berstandar internasional, salah satunya adalah Bali National Golf Club (BNGC), yang berlokasi di Nusa Dua.

Didukung dengan manajemen yang profesional, BNGC berhasil menyabet penghargaan Renovasi Lapangan Golf Terbaik di Asia Pasifik 2014, versi Asia Pacific Golf Grup.

Renovasi yang dilakukan selama 1,5 tahun oleh Nelson Haworth Golf Course Architects, membuat BNGC juga masuk dalam peringkat Top 10 Lapangan Golf Terbaik di Asia Pasifik, dan Top 10 Pro Shop Terbaik di Asia Pasifik.

Sementara General Manager BNGC Cliff Friedman menuturkan membuka peluang berkolaborasi dengan pemilik lapangan golf di Bali, dan menjadikan kawasan ini menjadi destinasi golf dunia.

“Kami tidak menganggap lapangan golf lain sebagai pesaing, tetapi sebaliknya justru kami akan bekerjasama menjadikan Bali sebagai golf paradise,” katanya.

Nursalam A Tabusalla, Komisaris PT Narendra Interpacific Indonesia-pengelola BNGC menuturkan Bali merupakan surga bagi golfer. Selain menjadi tujuan wisata, Bali sekarang menjelma sebagai tujuan golf kelas dunia.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia Bali Ketut Suwandi sepakat bahwa keberadaan lapangan golf memiliki dua nilai tambah, yaitu, dari sisi pariwisata dan olahraga. Munculnya sejumlah lapangan golf baru dapat dipastikan berdampak pada popularitas dan kualitas golf di Bali, yang didorong melalui penyelenggaraan turnamen dan coaching clinic.

“Dari sisi olahraga, lapangan golf di Bali sudah melahirkan seorang Inesh Putri, seorang atlet Bali, sekaligus Miss Indonesia 2012. Keduanya berjalan bersama-sama dan saling mendukung,” tuturnya. (*)

Facebook Comments

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.