Bali Masih Kekurangan Guide Tiongkok

Bali (Paradiso) – Industri pariwisata Bali yang masih terus membutuhkan banyak guide lokal berbahasa Tiongkok karena jumlahnya yang ada saat ini masih terbatas. Berdasarkan data Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Bali, dari total 5.661 orang guide yang terdaftar, yang menguasai bahasa Tiongkok hanya sekitar 700 orang.

Ketua Asosiasi Perjalanan Wisata (Asita) Bali Ketut Ardana mengungkapkan dari semua guide yang berbahasa Tiongkok itu, 90% datang dari Medan dan Riau. Saya khawatir kondisi tersebut karena dapat merugikan Bali pada saat dimulainya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada tahun depan.

“Kalau tidak disiapkan dari sekarang bisa berbahaya. Nanti sewaktu MEA berlaku, guide yang menguasai bahasa China seperti dari Singapura dapat beroperasi di sini. Bali harus segera menambah jumlah pramuwisata berbahasa China karena tingkat kunjungan wisatawan asal negara itu terus bertambah,” ujarnya.

Dikatakan, mengacu data Badan Pusat Statistik (BPS) Bali, pada Mei kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) asal Tiongkok ke Bali menempati peringkat kedua sebanyak 29.673 orang. Jumlah itu mengalahkan wisman asal Jepang yang berjumlah 13.655 orang.

“Saya yakin dalam waktu dekat jumlah wisman China akan mengendalikan tingkat kunjungan di Bali sehingga harus diantisipasi. Apalagi, wisman yang berkunjung bukan hanya kalangan atas, tetapi kalangan muda juga. Karena itu, jumlah guide lokal berbahasa China harus ditambahkan karena lebih memahami budaya Bali dibandingkan dengan guide dari luar daerah,” katanya.

Ditambahkannya, saya khawatirapabila tetap mengandalkan guide luar daerah dapat mengurangi layanan bagi wisatawan terutama saat menjelaskan budaya lokal di Bali.

Sementara Ketua HPI Bali Sang Putu Subaya menjelaskan saat ini pihak kami tengah mengupayakan merekrut guide baru berbahasa China.  Selain itu, HPI akan memberdayakan guide berbahasa Inggris dan Jepang yang jumlahnya banyak untuk ikut kursus bahasa China. “Guide Inggris dan Jepang sekarang sepi, jadi sambil mengisi waktu mereka ikut kursus,” ungkapnya. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.