Bali Siap Miliki Kawasan Wisata Bahari Konservasi

Bali (Paradiso) – Desa Serangan sekitar 4 kilometer dari pusat Kota Denpasar, Bali, layak dikembangkan menjadi objek wisata bahari berbasis konservasi dan edukasi lingkungan alam kelautan.

Ketut Sudiarta, Staf Pengajar Fakultas Peikanan dan Ilmu kelautan Universitas Warmadewa (Unwar) mengatakan saat ini, wilayah itu telah memiliki objek wisata spiritual tempat Pura Sakenan berdiri megah.

“Potensi Desa Serangan menjadi destinasi wisata bahari harus dikelola dengan baik agar memberikan nilai tambah bagi kesejahteraan masyarakat desa. Pengembangan konsep wisata bahari di desa tersebut itu diharapkan lebih menonjolkan potensi budaya, terutama seni tari dan kehidupan sosial masyarakat yang memiliki ciri khas sebagai komunitas masyarakat pesisir,” ujarnya.

Dikatakan, untuk kegiatan wisata bahari lainnya yang dapat dilakukan di Desa Serangan diantaranya seperti memancing dan olahraga air. Sementara itu, aneka jenis fauna bawah laut akan memberikan daya tarik sendiri bagi para penggemar olahraga memancing.

“Selain itu, Desa Serangan dengan andalan utama keindahan pantai dan lingkungan alam potensial dikembangkan sebagai pusat olahraga air, apalagi olahraga air digemari wisatawan asing dan domestik. Dasar pengembangan Desa Serangan yakni tetap menonjolkan keunggulan keindahan pantai dan budaya masyarakat, sehingga wisatawan menemukan sesuatu yang baru di Serangan,” katanya.

Ditambahkannya, terkait kebijakan di masing-masing daerah terkait pengembangan desa wisata itu yang merupakan salah satu strategi pengembangan kepariwisataan naasional. Demikian juga dari pemerintah pusat juga sudah ada kebijakan terkait pengembangan desa wisata itu.

“Sementara itu, untuk pemasaran dapat bekerja sama dengan biro perjalanan paket wisata di Pulau Serangan dengan memberi jaminan kepada wisatawan saat menginap di desa tersebut mendapat kepuasan dari pelayanan dan fasilitas,” ungkapnya. (*/ant)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.