Bali Targetkan Satu Juta Wisatawan Asal Tiongkok

Bali (Paradiso) – Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengatakan pemerinta Provinsi Bali menargetkan tingkat kunjungan wisatawan Tiongkok pada 2015 mencapai satu juta orang seiring kebijakan bebas visa bagi 45 negara.

“Tahun lalu wisatawan Tiongkok 560 ribu, kalau bisa tahun ini satu juta orang. Wisatawan Tiongkok cukup tinggi peluangnya ke Bali karena selama ini sudah menduduki posisi nomor dua kunjungan tertinggi ke Pulau Dewata. Apalagi pihaknya beberapa hari lalu sudah mengadakan kunjungan balasan ke dua provinsi di Tiongkok, yakni Yunnan dan Hainan,” ujarnya.

Dikatakan, dengan bebas visa kita siap, tetapi memang jika ada kekurangan harus kita perbaiki. Beberapa hal yang harus diperbaiki dari kepariwisataan Bali yakni dari sisi pengelolaan destinasi, pramuwisata, tempat-tempat tujuannya, jalan, infrastruktur, sumber daya pariwisata, dan promosi pariwisata.

“Saya juga mengajak para pemangku kepentingan pariwisata dan masyarakatnya untuk bisa melihat ke luar Bali terkait hal-hal apa saja yang sudah dilakukan daerah lain dalam menata kepariwisataannya,” katanya.

Ditambahkannya, tidak perlu jauh-jauh, Banyuwangi, NTB, dan NTT sudah begitu tumbuh pariwisatanya dan kita jangan menganggap remeh mereka, apalagi akhir tahun ini akan efektif berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN.

“Saya berpandangan Bali harus terus mengembangkan pariwisata karena selama ini memang hidup dari sektor itu. Industri yang paling menguntungkan itu adalah pariwisata, duitnya jelas, orang yang datang orang berwisata. Mereka bawa uang cash (tunai), orang yang bepergian juga biasanya mengeluarkan uang tidak terlalu banyak perhitungan,” ungkapnya. (*/ant)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.