Bandara Soeta Lengkapi Fasilitas Pelayanan, Sukseskan Angkutan Lebaran 2018

TANGERANG (Paradiso) – Bandara Internasoinal Soekarno-Hatta mempersiapkan diri dengan fasilitas-fasilitas  layanan baru dalam rangka menyambut momen persiapan angkutan lebaran 2018.

Sebagai bentuk kesiapan adalah dihadirkannya fasilitas-fasilitas seperti Mobile Assistance Check-In di Terminal 1C,  selain berfungsi untuk memberikan pelayanan kepada para pengguna jasa, kali ini Customer Service juga akan dibekali dengan mobile printer yang dapat digunakan untuk mencetak boarding pass penumpang. Selain itu, juga disediakan self check-in kiosk  untuk memudahkan penumpang melakukan proses check-in serta mengurangi antrian di check-in counter konvensional.

Penambahan fasilitas juga dilakukan di Terminal 3. Saat ini telah tersedia lokasi penjemputan penumpang dengan format _drive thru_. Hal ini akan semakin mempermudah penumpang untuk melakukan proses penjemputan di Terminal 3 tanpa perlu masuk kedalam gedung parkir. Untuk angkutan lebaran 2018, fasilitas _drive thru_ ini akan beroperasi mulai pukul 16.00 sampai dengan pukul 21.00.

Pada hari minggu (3/6), turut hadir pula Menteri Perhubungan beserta jajarannya didampingi oleh Presiden Direktur Angkasa Pura II beserta jajarannya untuk  melalukan pengecekan persiapan angkutan lebaran di Bandara Internasional Soekarno-Hatta serta dengan meninjau posko angkutan lebaran 2018 di terminal 1B serta melakukan _ramp check_ untuk memastikan kesiapan maskapai dalam melayani angkutan lebaran 2018.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, kembali mengingatkan akan pentingnya komunikasi dalam upaya peningkatan _level of service_ di bandara. Dengan adanya komunikasi yang baik, tentunya para stakeholder bandara dapat berkoordinasi dengan baik pula. Budi menyampaikan, ”Pengecekan di semua lini perlu dilakukan secara berkala tidak jangan hanya pada momen-momen tertentu saja seperti mudik ini. Jika kita mampu mempertahankan koordinasi yang baik, maka kita bisa mengetahui _level of service, safety_ dan tingkat _security_ kita”.

Arus mudik dalam angkutan lebaran 2018 diprediksi ini akan mengalami peningkatan sebesar 10 persen dibandingkan tahun lalu dari sebelumnya 6,1 Juta penumpang pertahun menjadi 6,7 Juta penumpang per tahun. Sehingga persiapan layanan angkutan lebaran 2018 sudah harus dipersiapkan dengan matang. Presiden Direktur AP II, Muhammad Awaluddin menjelaskan, ”Setiap tahunnya, kami selalu berkomitmen untuk terus menjaga standar pelayanan. Tidak terkecuali pada tahun ini. Walaupun jumlah penumpang diprediksi akan meningkat, AP II selalu siap untuk turut serta mensukseskan angkutan lebaran 2018”.

Disamping itu, pada hari ini Menteri Perhubungan turut menyempatkan diri untuk berkunjung dan melakukan inspeksi ke ruang _Airport Operation Command Center (AOCC)_. Fasilitasi yang memiliki fungsi untuk mengawasi operasional sisi udara dan sisi darat bandar udara ini rencananya juga akan difungsikan pada angkutan lebaran 2018. Adapun pengembangan tahap pertama AOCC akan dilengkapi dengan tiga fitur layanan, yakni _*FEMS*-Facility Enginering Manajemen System,  *FARMS*-Facility Airport Resources Management System_, dan _Airport Security System_. Secara garis besar, kehadiran AOCC berfungsi sebagai pusat koordinasi antara airport operator, airline operator, air navigation, serta karantina, bea cukai, imigrasi, dan kepolisian.

Diharapkan dengan semakin lengkapnya fasilitas yang hadir di Bandara Internasional Soekarno-Hatta ini mampu memberikan pelayan yang semakin optimal kepada stakeholder bandara serta semakin meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap pelayanan di bandara. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.