Baru 3250 Pemudik Tinggalkan Sumut Dengan Kapal Pelni

Jakarta (Paradiso) – Memasuki H+ 6 setelah lebaran, Jumat (22/6) penumpang kapal Pelni di seluruh pelabuhan masih cukup ramai. Penumpang dari Cabang Belawan, penumpang yang telah meninggalkan Medan dengan KM. Kelud pada pemberangkatan perdana arus balik (19/6) mencapai 3.250 pelanggan, sementara untuk tanggal (24/6) tiket sudah terjual 2.986, (26/6) sudah 2.462 tiket, (28/6) sudah 1.114 tiket dan untuk tanggal (1/7) baru 1.114 pelanggan tiket yang terjual.

Manager PR dan CSR PT. Pelni (Persero) Akhmad Sujadi mengatakan, pemudik dari Belawan baru 3.250 orang. Masih banyak yang belum keluar dari Belawan. Mereka masih proses pembelian tiket menunggu pemberangkatan berikutmya. “Penjualan tiket akan terus bergerak dan data penjualan akan terus berubah. Tiket dijual secara online melalui beberapa chanel, agen penjualan tiket, Alfamart, Indomaret, ATM dan teller Bank BRI, Pelni 162 dan di kantor-kantor cabang Pelni seluruh Indonesia,” terang Sujadi.

Semenatara dari Cabang Surabaya, penumpang tujuan Kalimantan Port mulai padat Penumpang. KM. Leuser yang berangkat Jumat (22/6) mengangkut 1.639 pelanggan. KM. Awu yang akan berangkat (24/6), sudah terjual 1.101 tiket. Sementara untuk tujuan Makasar dan Indonesia Timur KM. Dorolonda (25/6) sudah terjual 1.658 tiket, Labobar tujuan Balikpapan (27/6) sudah terjual 1.310 tiket. ”Sudah mulai ramai, namun kapasitas kapal mencukupi,” terang Sujadi.
Dari Tanjung Priok, Jakarta Jumat dini hari KM. Kelud berangkat menuju Batam, Tanjung Balai dan Belawan pada pukul 01.20 mengangkut 1.664 pelanggan. Sementara penumpang yang turun pada Kamis (21/6) petang, 2.961 pelanggan. “Sudah banyak pekerja dari Medan kembali ke Jakarta dengan KM. Kelud, kemarin penumpang yang turun mencapai 2.900 lebih,” lanjut Sujadi.

Sementara untuk angkutan sepeda motor gratis tadi pagi tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta mengangkut 378 sepeda motor dan 866 penumpang.

Penumpang dan sepeda motor telah tiba dengan kapal Camara Nusantara (Canus) dan Sabuk Nusantara (Sanus) yang datang konvoi, berlayar beriringan dari Tanjung Emas, Semarang ke Tanjung Priok, Jakarta.
Dari Semarang dilaporkan proses embarkasi atau naik penumpang ke kapal sedang berlangsung di Pelabuhan Tanjung Emas. KM. Dobonsolo berkapasitas 1.250 sepeda motor dan 2.500 penumpang dan 2 set kapal tipe GT 1.200 dan GT 2.000 , terdiri 2 kapal Canus dan 4 kapal Sanus siap diberangkatkan dari Semarang sore ini. “Besok ada KM. Dobonsolo, Canus dan Sanus akan mengantar peserta mudik gratis sepeda motor yang diselenggarakan Kemenhub,” kata Sujadi.

Pantauan dari Posko angkutan lebaran 1439 H dari pusat kendali operasi di Operation Room Kantor Pusat PT. Pelni (Persero) di Jakarta, seluruh kapal beroperasi dengan aman, lancar, terkendali. ”Alhamdulillah, aman terkendali. Seluruh kapal juga dapat dipantau melalui Shiploc, posisi kapal ada di mana, akan tiba jam berapa di pelabuhan tujuan sudah dapat diperkirakan,” tutupnya. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.