‘Batavia Market’ Ramaikan Spot Culinary di Jakarta

Jakarta (Paradiso) – Sebagai bagian untuk mendukung dan mewujudkan visi Kota Tua sebagai kawasan Center of Excellence sekaligus menghadirkan spot culinary yang unik, berkelas dengan mengusung konsep Fusion Art yang menonjolkan kolaborasi dari 3 macam seni yaitu Kuliner, Kreativitas Seni dan Budaya, Kaaramel Juice Group sebagai perusahaan di bidang culinary yang sebelumnya telah sukses menghadirkan sekitar 30 gerai juice segar di kota Jakarta dan Tangerang, bekerjasama dengan Jakarta Old Town Revitalization Corporation (JOTRC) menghadirkan ‘Batavia Market’ yang dibuka secara resmi belum lama ini.

Kehadiran ‘Batavia Market’ secara tidak langsung akan melengkapi kawasan Kota Tua Jakarta yang diproyeksikan menjadi kawasan Center of Excellence yang layak huni, bekerja dan berekreasi dengan mengembangkan sektor-sektor seni dan pelestarian budaya, edukasi, finansial, industri kreatif, ruang pertemuan dan gaya hidup. Ke depannya kawasan ini menjadi salah satu destinasi unggulan kota Jakarta yang ditawarkan bagi wisatawan domestik dan International.

Lebih dekat, ‘Batavia Market’ hadir sebagai sebuah restoran dan bar yang berkonsep Fusion Art yang merupakan sebuah bentuk kolaborasi dari berbagai bentuk seni baik musik, literatur, arsitektur, seni rupa, desain, grafiti dan sebagainya. Untuk itulah ‘Batavia Market’ menonjolkan 3 macam seni yaitu Kuliner, Kreativitas Seni dan Budaya sehingga para pengunjung tak sebatas akan terpuaskan dengan cita rasa makanan berkualitas semata namun juga dapat menikmati suguhan seni dan budaya dari para seniman terbaik Indonesia.

Keunikan interior yang ditawarkan ‘Batavia Market’ berasal dari interior Gedung Kantor Pos yang merupakan bangunan bersejarah yang dibangun pada tahun 1928 yang telah di revitalisasi sehingga menjadi spot yang unik dan fenomenal. Untuk penamaan, kata ‘Batavia’ diambil dari nama ‘Oud Batavia’ atau ‘Batavia Lama’ yaitu sebutan yang diberikan kepada Kota Tua Jakarta pada masa lalu, sementara kata ‘Market’ atau ‘Pasar’ untuk menggambarkan konsep dasar dari tempat ini yaitu terbuka untuk semua orang. Sehingga ‘Batavia Market’ menghadirkan sebuah konsep dimana pengunjung dapat merasakan sebuah pengalaman baru dalam berkunjung ke sebuah bangunan bersejarah di Kota Tua Jakarta. Tidak hanya mengenali sejarah saja, pengunjung juga dapat menikmati hidangan kuliner serta sajian seni dan budaya dari para seniman asli Indonesia.

Kehadiran ‘Batavia Market’ yang bakal meramaikan spot culinary unik dan terbaik yang ada di kota Jakarta ini dinilai sebagai langkah strategis dari ekspansi perusahaan yang berorientasi pada bisnis kuliner dengan  prospek yang menjanjikan. Seperti dijelaskan  oleh Ferry Dafira dari Kaaramel Juice Group, “Sejak berkecimpung dalam bisnis kuliner khususnya di kota Jakarta dan sekitarnya, kami melihat bahwa bisnis kuliner memiliki prospek yang sangat menjanjikan dan tidak pernah mati, karena makanan merupakan kebutuhan utama setiap manusia sehingga berjamurnya spot kuliner saat ini menjadi penanda masih terbuka peluang di bisnis ini. Untuk itulah kami terjun di bisnis kuliner untuk memberikan pilihan spot kuliner berbeda bagi pecinta kuliner kota Jakarta”.

Ditambahkannya, “Meskipun bisnis ini menjanjikan, namun kami harus kreatif untuk menyajikan sebuah spot kuliner yang memberikan nilai lebih bagi pengunjung, tak semata hanya cita rasa berkualitas saja, tetapi ambience yang nyaman dan unik serta pelayanan terbaik sangat memegang peranan penting terhadap suksesnya sebuah spot kuliner. Untuk itulah berbekal sukses dengan gerai Kaaramel Juice, kami pun menghadirkan ‘Batavia Market’ sebagai spot kuliner yang unik yang cocok sebagai tempat hang out bagi pecinta kuliner dan pecinta seni budaya di kota Jakarta”.

Dengan hadirnya ‘Batavia Market’ yang berada di Gedung Kantor Pos Kota Tua Jakarta ini juga disambut gembira oleh pihak Jakarta Old Town Revitalization Corporation (JOTRC) sebagai pihak yang bertanggung jawab untuk merevitalisasi kawasan Kota Tua Jakarta sehingga menjadi kawasan yang layak untuk berbisnis dan membantu meningkatkan citra sekaligus meningkatkan roda perekonomian kota Jakarta.

Lien Che Wei, CEO, Jakarta Old Town Revitalization Corporation, “Kami sangat gembira dapat bergandengan dengan Kaaramel Juice Group untuk menghadirkan sebuah spot kuliner yang mengangkat kearifan lokal. Dengan kesamaan visi tak sebatas komersial semata, namun juga memiliki tanggung jawab untuk meramaikan Kota Tua Jakarta, kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kaaramel Juice Group yang mempercepat visi kami untuk menjadikan kawasan Kota Tua Jakarta sebagai Center of Excellence. Kami pun berharap kehadiran ‘Batavia Market’ dapat menjadi destinasi pariwisata unggulan kota Jakarta ke depannya”.

Selain perpaduan antara sajian kuliner dan seni, konsep Fusion Art diterapkan di berbagai hidangan yang ada sehingga seluruh sajian merupakan paduan hasil karya unik dari seniman kuliner yang berpengalaman. Dan yang berbeda dari spot kuliner kebanyakan, di ‘Batavia Market’ julukan atau panggilan bagi juru masak dan peracik minuman adalah Seniman Kuliner karena mereka lah para seniman di bidang kuliner yang mampu menyajikan makanan dan minuman bercita rasa tinggi. Tujuan utama dari Seniman Kuliner ‘Batavia Market’ adalah membuat sebuah makanan yang kaya budaya dan berpadu indah dengan cita rasa Indonesia. Bahan baku alami, kesegaran, cita rasa dan kesederhanaan adalah keempat inspirasi Seniman Kuliner Batavia Market dalam membuat seluruh hidangan. Sajian yang hadir di atas meja memiliki filosofi tersendiri dan melalui proses penyeleksian yang ketat demi memberikan pengalaman kuliner terbaik bagi para pengunjung. Untuk menu yang ditawarkan berkisar dari harga Rp. 15.000 hingga Rp. 50.000.

Dari sisi seni, seluruh interior yang ada di ‘Batavia Market’ merupakan sebuah galeri karya seni tinggi dari berbagai seniman terbaik di Indonesia yang bekerjasama dengan Sarasvati Art Magazine and Lifestyle. Seni kreativitas dalam bentuk lukisan, fotografi, patung, videografi, design grafis, batik, ukiran, hiasan dan lain sebagainya. Mengenai tampilan karya seni yang hadir di ‘Batavia Market’, Dewi Ria Utari, General Manager Sarasvati Communication & Publication memaparkan, “Kami gembira diberi kesempatan untuk menampilkan karya-karya seniman terbaik Indonesia. Guna mendukung konsep Fusion Art, kami pun telah mempersiapkan tema karya seni yang berbeda tiap bulannya, sehingga pengunjung tidak akan  bosan dengan tampilan seni yang ada dan selalu antusias menunggu karya seni apa yang akan kami tampilkan di setiap bulannya. ‘Batavia Market’ juga menjadi wadah bagi kami, para seniman untuk menampilkan karya-karya terbaik sehingga karya kami semakin banyak mendapatkan apresiasi dari masyarakat khususnya yang berkunjung ke ‘Batavia Market’”.

Di ‘Batavia Market’ juga diselipi dengan atraksi seni dimana para seniman akan diberi kesempatan untuk bebas berkarya pada sebuah kanvas kosong yang sangat besar yang tersedia sehingga pengunjung dapat juga menyaksikan proses sebuah kreativitas seni terbentuk sambil menikmati sajian makanan. ‘Batavia Market’ menjadi tempat perpaduan antara seniman kuliner, seniman kreativitas dan seniman budaya yang memberikan pengalaman yang berbeda kepada pengunjung dalam menikmati sebuah tempat yang sangat bersejarah di Jakarta.

Selain kuliner dan seni, ‘Batavia Market’ juga menyediakan paket tur untuk berwisata ke beberapa tempat bersejarah di sekitar Kota Tua sehingga cocok menjadi destinasi bagi wisatawan domestik dan Internasional yang ingin mengenal dan mengetahui sejarah Kota Tua Jakarta secara cepat. (*/bowo)

Facebook Comments

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.