Belanda Targetkan 41 Ribu Wisatawan Indonesia di 2014

Rombongan NBTC di Hotel Ritz Carlton Jakarta.
Rombongan NBTC di Hotel Ritz Carlton Jakarta.

Jakarta (Paradiso) – Setelah sebelas tahun tidak berpromosi pariwisata ke Indonesia, Belanda kini mulai melakukan promosi pariwisata kembali ke Indonesia. Melalui Netherland Board Tourism and Conventions (NBTC), Negeri kincir angin Belanda mempromosikan kepada masyarakat Indonesia akan potensi besar pariwisata Belanda yang dikemas dengan brand “HOLLAND”.

Rangkaian kegiatan promo NBTC yang bertajuk South East Asia Sales Mission 2014 dibuat dalam sebuah seminar yang dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 2014 bertempat di Hotel The Ritz Carlton Jakarta dan pada tanggal 29 Oktober 2014 di Surabaya. Kegiatan ini tidak hanya dilakukan di Jakarta dan Surabaya, namun juga di Singapura.

Dalam perhelatan ini, NBTC akan mempromosikan “Holland” yang mengikutsertakan beberapa peserta didalamnya seperti, Schipol Amsterdam Airport, KLM Royal Dutch Airlines, Garuda Indonesia, Henri Willig (Zaanse Schans), Mc ArthurGlenn (Design Outlet Center Roermond) dan Keukenhof, Amsterdam City of Diamonds (Gassan Diamonds, Coster Diamonds, Zazare Diamonds).

Menurut Andrew Van Der Feltz, Sejak 2009 jumlah penerbangan dari Indonesia menuju Belanda meningkat secara signifikan. Pada 2013 ada 990 penerbangan dengan kontribusi lebih dari 318.000 tempat duduk. Bahkan, Sejak Mei 2014, Garuda adalah maskapai penerbangan pertama yang terbang non -stop ke Amsterdam. Hal tersebut membuat misi “Holland” optimis menargetkan 41.000 wisatawan Indonesia akan berkunjung ke Belanda sepanjang tahun 2014.

“Melalui misi promo ini, kami berharap jumlah orang Indonesia yang mengunjungi Belanda akan meningkat secara signifikan dan tinggal lebih lama di Belanda,” ungkap Andrew di Ritz Carlton Hotel Jakarta, Senin (27/10/2014).

Dalam melakukan misinya, NBTC menerima dukungan dana dari Kementerian Urusan Ekonomi Pemerintah Belanda. Selain dana pemerintah, NBTC juga menjalin kerjasama intensif dengan pihak-pihak terkait di dalam dan diluar sektor perhotelan.

“NBTC adalah lembaga non-profit yang mengkhususkan diri sebagai agen pemasaran dan branding untuk brand “Holland” yang didirikan pada tahun 1968. Kami sudah melakukan pemasaran tersebut ke Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan (Brazil) dan Asia.” Ujar Jos Vranken selaku Managing Director of NBTC.

South East Asia Sales Mission 2014 – Jakarta, mengundang beberapa mitra agen perjalanan dan reka-rekan media di Indonesia sebagai bagian dari misi perdananya di Indonesia. Menurut Director Networking and Business Development NBTC, Andrew Van Der Feltz, Pendekatan kepada agen perjalanan diharapkan menambah jumlah produk pada agen perjalanan untuk dapat ditawarkan ke pasar Indonesia. Meengusung promo “Holland”, NBTC hendak membangun citra positif negeri keju sebagai tempat tujuan yang tepat untuk berlibur, pertemuan bisnis, dan konvensi.

Bagi NBTC, Indonesia dengan jumlah penduduk sekitar 250,6 Juta dan rata-rata pertumbuhan ekonomi sebesar 6% per tahun dari 2010 – 2013, merupakan target pasar potensial bagi pertumbuhan industri pariwisata Belanda.

Di sisi lain, negeri kincir angin juga telah menjadi top of mind bagi wisatawan Indonesia tujuan Eropa. Pada tahun 2012, hamper 97.000 pengunjung Indonesia melakukan perjalanan ke Eropa, dan 33.000 diantaranya menyertakan kunjungan ke Belanda dalam perjalanan mereka di Eropa.

Belanda sebagai salah satu Negara terbesar penghasil keju, memiliki tempat-tempat wisata yang bernilai sejarah dan seni yang tinggi. Sebut saja Anne Frank House, sebuah museum yang terletak di kota Amsterdam yang menjadi tempat persembunyian Anne Frank semasa perang dunia II.

Selain museum-museum bersejarah, Belanda juga memiliki sebuah taman musim semi terindah di dunia yaitu, Keukenhof. Taman inspiratif tersebut menyajikan lebih dari 30 pertunjukan bunga spektakuler yang berada dalam luas tanah sekitar 32 hektar. Pengunjung dapat menikmati momen terindah dengan berada diantara bunga-bunga mekar dengan indahnya. (bowo)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.