Belanja Online Akan Jadi Tren Tahun 2015

Xmas timeJakarta (Paradiso) – Sebagian kalangan pelaku industri e-commerce memprediksi bahwa berbelanja online melalui smartphone akan menjadi tren (kecenderungan) pada tahun 2015 nanti.

SVP Marketing and Business Development Lazada Indonesia, Andry Huzain, di Jakarta mengatakan tren belanja online di 2015 diprediksi lewat mobile. 70% orang Indonesia yang pakai awalnya menggunakan handphone tanpa kemampuan internet akan beralih ke smartphone dan mencoba berbelanja online.

“Contoh dari keseluruhan jumlah transaksi Lazada Indonesia pada awal tahun ini, 20% di antaranya terjadi melalui smartphone. Angka ini kemudian meningkat pada bulan Desember menjadi 59%. Lazada sendiri di awal tahun ini hanya transaksi sekitar 20%, tapi sekarang, 59% transaksi dari mobile. Kalau mau dihitung juga yang menggunakan tablet, bisa mencapai 75%,” ujarnya.

Dikatakan, saya memprediksikan, angka ini akan kembali meningkat menjadi 80% tahun 2015. Sementara, industri e-commerce sendiri di Indonesia akan tumbuh hingga US$25 miliar pada 2016. Hal ini, direfleksikan melalui hasil riset yang menunjukkan satu dari dua konsumen di Indonesia yang sudah terekpos informasi melalui internet akan memiliki kecenderungan untuk mencoba berbelanja online.

“Ini menjadi kesempatan besar bagi para pelaku e-commerce di Indonesia untuk mendewasakan ekosistem e-commerce dengan menghadirkan pengalaman terbaik dalam berbelanja online. Kemudian, tingkat kepercayaan, keamanan pembayaran, proses pengiriman dan kualitas barang yang diterima merupakan empat faktor utama bagi para pelaku e-commerce di Indonesia untuk melakukan belanja online,” katanya.

Ditambahkannya, selain itu, rekomendasi orang terdekat menjadi salah satu faktor utama bagi konsumen untuk mencoba berbelanja online. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun 2015 hingga 2022 mendatang, lebih 50% mereka yang melakukan belanja online adalah kalangan menengah ke atas berusia 24-36 tahun. (*)

Facebook Comments

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.