Berikut Tren Pemasaran di Tahun 2018

Jakarta (Paradiso) – Pemasaran menjadi hal yang penting agar bisnis berkembang, jalan di tempat, atau malah mengalami degradasi.

Mengawali tahun 2018, Indonesian Marketing Association (IMA) membuat laporan dan memperkirakan ada 8 tren pemasaran yang akan terjadi di tahun 2018. Apakah saja itu?

1. Pariwisata dan kuliner semakin melaju.

Pariwisata akan terus berkembang (termasuk wisata religi dan olahraga) di tingkat kotamadya/kabupaten, dan hal ini akan mengangkat sektor kuliner dengan berbagai tingkat kreativitasnya. Beberapa kota juga mulai melirik MICE sebagai salah satu andalannya. Green/sustainable tourism akan semakin dikembangkan.

Makanan khas lokal/daerah akan semakin diminati termasuk berbagai jenis kopi setempat yang diikuti dengan semakin maraknya kedai kopi. Pemenuhan standar halal semakin penting. Komunitas anak  muda semakin menyukai  hangout places, co-working space, cafe/bar dan bahkan angkringan asalkan kualitasnya bagus dan harga bersaing.

2. Budaya daring dan media sosial semakin tak terbendung.

Platform daring dan media sosial akan semakin kuat dalam mendukung bisnis di berbagai sektor dan skala. Kedua platform digital tersebut tidak akan menggantikan platform pemasaran konvensional namun justru saling melengkapi. Saluran pemasaran digital akan berdampak ke sektor logistik dan pada gilirannya penetrasi pasar akan semakin membaik.

3. Tahun pemasaran politik semakin tinggi sofistikasinya.

Pilkada serentak akan diselenggarakan di berbagai wilayah Indonesia. Para kandidat yang maju akan semakin gencar mengomunikasikan brand, positioning, dan diferensiasi dirinya melalui berbagai kampanye baik melalui saluran konvensional maupun digital.

4. Bisnis di sejumlah sektor tetap bertumbuh.

Bisnis jasa akan meningkat. Jasa transportasi daring yang manawarkan harga bersaing dan kenyamanan proses/interaksi. Di sejumlah kota utama Indonesia permintaan pasar untuk jasa spa, kebugaran, massage, kecantikan, fesyen termasuk fesyen muslim akan semakin menguat.

Jasa penitipan anak akan bertumbuh sejalan meningkatnya pasangan suami istri yang  bekerja. Penetrasi bisnis ritel juga semakin meningkat dan memberi pilihan dan kenyaman untuk masyarakat. Sektor properti dan otomotif juga diperkirakan akan membaik meskipun tidak dengan kenaikan yang tajam. Pemukiman terpadu akan tumbuh sejalan dengan perkembangan industri di suatu wilayah.

5. Jumlah wirausaha muda semakin banyak.

Anak muda akan semakin banyak yang mengembangkan usaha rintisan di berbagai bidang dari kuliner, pariwisata, fesyen hingga animasi.

6. Industri hiburan masih tetap menjanjikan.

Industri hiburan seperti musik (terutama konser musik), film, dan berbagai event besar termasuk sejumlah event di berbagai daerah dari tingkat kabupaten/kotamadya maupun provinsi akan terus mewarnai sepanjang tahun.

7. Infrastruktur terus dibenahi.

Infrastruktur jalan raya, pelabuhan, bandara, kereta api, dan juga telekomunikasi akan semakin membaik baik dari segi fisik maupun pelayanannya.

8. Cashless society semakin bertumbuh.

Tumbuhnya masyarakat yang bertransaksi non tunai (cashless) sejalan semakin maraknya bisnis daring serta berbagai keperluan sehari-hari. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.