Bersinergi di Rakornas Pariwisata VI-2017 Raih 17 Juta Wisman di 2018

Jakarta (Paradiso) – Menteri Pariwisata Arief Yahya membuka langsung Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata IV – 2017 untuk memperkuat sinergitas semua elemen demi mencapai target pariwisata nasional tahun 2018 sebanyak 17 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) melalui kegiatan promosi dan penjualan paket-paket wisata menarik di 18 destinasi unggulan di Tanah Air (12/12).

Rakornas yang berlangsung di The Kasablanka Hall, Kota Kasablanka ini memfokuskan pada pembahasan program Calendar of Event Wonderful Indonesia (CoE WI) 2018 dan sinkronisasi dengan industri pariwisata serta persiapan paket tour di masing-masing destinasi yang dikemas dalam paket tour Visit Indonesia Wonderful Indonesia (VIWI) 2018. “Kita menyiapkan CoE WI  dan paket tour VIWI 2018  yang ada di 18 destinasi unggulan yang paling siap dalam mendatangan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia,” lontar Menpar Arief Yahya pada saat pembukaan Rakornas.

Dalam Rakornas Pariwisata IV-2017 yang mengangkat tema “Visit Wonderful Indonesia 2018” ini Menteri Pariwisata berharap pada 18 destinasi wisata yang paling siap mendatangkan wisman. Sebanyak 18 destinasi tersebut tersebar di Sumatera (Medan/Danau Toba, Batam, Belitung, Padang, dan Pelembang); Pulau Jawa (Jakarta, Bandung, Borobudur/Yogyakarta,Solo, Subaya-Bromo-Tengger, dan Banyuwangi); Kalimantan (Balikpapan); Bali, Nusa Tenggara Barat (Lombok); Sulawesi (Makassar/Wakatobi dan Manado);  dan Papua Barat (Raja Ampat).

Bukan cuma 18 destinasi tersebut yang menjadi harapan. Pemerintah menyiapkan 100 premier event dalam CoE WI  2018 ,termasuk diantaranya dua event besar di tahun depan yaitu Asian Games di Jakarta dan Palembang serta Annual Meeting IMF-World Bank di Bali akan menjadi momentum untuk mendulang banyak wisman serta mengenalkan destinasi wisata Indonesia.

Menpar kembali mengingatkan untuk memperkuat unsur 3A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas) kepada seluruh stakeholder pariwisata dalam semangat Indonesia Incorporated demi meraih kesuksesan pelaksanaan CoE WI dan paket tour VIWI. “Dengan semangat kebersamaan kita akan wujudkan dalam program paket VIWI normal atau paket VIWI hot deal 2018,” lanjut Menpar.

Rakornas yang dihadiri sekitar 400 perserta dari Kementerian Pariwisata, instansi terkait, industri pariwisata, pemda, dan media  tersebut menampilkan pembicara dari Forum  Gubernur, Forum Industri Pariwisata,  Forum Airlines, Forum Perbankan, serta pembicara tamu di antaranya pelaku bisnis online pariwisata antara  lain TripAdvisor dan Expedia. “Dengan diadakannya Rakornas Pariwisata IV-2017 saya berharap kita semua bisa bersinergi untuk memajukan pariwisata Indonesia menjadi yang terbaik di Dunia” pungkas Arief Yahya. (*/Bekri)

Facebook Comments

Leave a Reply

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.