Bidik 200 Ribu Wisman Asian Games

JAKARTA (Paradiso) – Diperkirakan sekitar 150.000 -200.000 penonton asing atau wisatawan mancanegara akan datang menyaksikan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus-2 September 2018 mendatang. Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata I Kemenpar, I Gde Pitana mengatakan, pihaknya bersama pelaku industri pariwisata telah menyiapkan 75 paket wisata yang tersebar di 7 destinasi wisata unggulan di Jakarta-Palembang dan sekitarnya, diantaranya Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, Yogyakarta, Banyuwangi, dan Bali.

“Paket wisata ini sudah disiapkan dan dipromosikan setahun yang lalu. Pembeli paket wisata itu tentunya tergantung penonton yang datang. Kita proyeksikan penonton terbanyak dari negeri Tiongkok, sedangkan event-nya sendiri yang akan banyak menyedot penonton saat final sepak bola. Penggemar sepak bola dari negara peserta yang masuk final akan berbondong-bondong datang ke Jakarta,” kata I Gde Pitana.

Pitana menambahkan, penyelenggaraan Asian Games 2018 akan meningkatkan sektor pariwisata, meningkatkan aktivitas ekonomi lokal, menciptakan lapangan kerja, dan mendorong pengembangan kota melalui pembangunan infrastruktur fasilitas olahraga. “Diproyeksikan, kegiatan pesta olahraga ini akan menarik kunjungan sebanyak 200.000 wisman dengan total pengeluaran dari peserta dan pengunjung mencapai Rp3,6 triliun,” tambahnya.

Ratusan Brand Meriahkan Asian Games 2018 di Palembang

Benteng Kuto Besak, Palembang, Sumatera Selatan, menjadi saksi perhelatan ritel skala nasional. Yaitu Hari Belanja Diskon Indonesia 2018 (HBDI 2018). Ratusan Brand akan memberi diskon spesial di event yang akan digelar 8 Agustus hingga 2 September 2018. Perhelatan HBDI juga diwarnai beragam acara. Antara lain musik, hiburan, peragaan busana, talkshow dan masih banyak lagi.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, menyebut perhelatan HBDI yang kedua bertepatan dengan momen Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Momentum ini dimanfaatkan Kementerian Pariwisata untuk menarik wisatawan mancanegara. Menurut data Kemenpar jumlah wisman untuk Kuliner dan Belanja sebesar 30 hingga 40 persen.

“Di HBDI akan ada diskon up to 73 persen, harga khusus Rp 73 ribu, dan diskon untuk usia 73 tahun. Setiap orang yang berwisata spending untuk kuliner sendiri mencapai 30 hingga 40 persen, kelemahan kita itu tidak punya makanan nasional. Selain itu momentumnya juga sangat tepat dengan perhelatan Asian Games 2018,” ujar Menpar Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya berharap, HBDI mampu menjadi festival ritel tahunan terbesar di negeri ini. “Semoga HBDI menjadi hadiah istimewa untuk masyarakat Indonesia dalam merayakan Hari Ulang Tahun ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia. Bertujuan untuk menciptakan tren belanja baru di bulan Agustus,” ujarnya.

I Gde Pitana mengatakan, HBDI 2018 akan berlangsung lebih semarak. Arena akan diselenggarakan pula Diaspora Sriwijaya Festival. Tema yang diangkat adalah Seguntang Hill the History and Mythology. Gelaran tersebut berisi penampilan Komunitas Forum Pesona Sriwijaya dan Cooking Class oleh APJI pada 9 hingga 14 Agustus 2018, juga Lomba Bidar Tradisional (17 Agustus).

“Selain itu, akan ada pemecahan rekor MURI Pembagian Pempek Ber-SNI Terbanyak (18.818 pempek) di pelataran BKB Palembang (8 Agustus 2018). Kemeriahan ini akan semakin bertambah dengan adanya Asian Games Creative Exhibition di panggung terbuka. Tepatnya di bawah Jembatan Ampera (17 Agustus 2 September 2018),” tutur Pitana.

Ada pula acara yang pasti menarik bagi masyarakat di Palembang. Yaitu Pameran Kejayaan Sriwijaya Cullinary Art Festival. Lokasinya di Benteng Kuto Besak, 4 Agustus hingga 2 September 2018. Serta Sriwijaya Great Sale yang menjadi bagian dalam HBDI 2018. Selain kegiatan-kegiatan itu, masih banyak rangkaian acara yang akan memeriahkan HBDI 2018.

Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata Vita Datau menilai HBDI 2018 akan berjalan sukses. Terlebih pelaksanaannya bertepatan dengan Asian Games. Momen dimana kontingen Negara lain juga berburu oleh-oleh dan kuliner.

“Di Palembang, kegiatan HBDI 2018 menjadi meriah dengan program-program yang interaktif dan menarik bagi masyarakat, antara lain Guyub Festival yang akan menjadi warna kehadiran api energi Asia (Torch Relay) pada rangkaian Asian Games ke-18 pada 4 Agustus 2018, sekaligus menjadi atraksi pembuka pesta olah raga Asia tersebut,” pungkasnya. (ADVERTORIAL)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.