Bina Marga Berencana Gelar Kompetisi Photo Story 2018

Jakarta (Paradiso) – Direktorat Jenderal Bina Marga baru saja melaksanakan lomba foto dengan tema “Dari jalan dan jembatan, demi menggapai masa depan”. Kasubag Kementerian PUPERA Pujiono berpendapat bahwa lomba foto ini terbilang sukses dan berharap bisa melaksanakan event ini lagi di tahun depan. “Dengan melihat antusias peserta yang mengikuti event ini, saya berharap bisa mengulang kesuksesan event ini di tahun depan. ada 545 peserta lebih 2000 karya foto yang diposting di instagram. Pamerannya ada di Gancit sebanyak 40 karya foto.” Terang Pujiono.

Selain mengulas tentang hasil penjurian lomba Bina Marga Photo Story yang sudah digelar pada bulan november 2017 kemarin. Di acara ini juga ada temu komunitas fotografi dan workshop dengan mengusung tema “Merekam Infrastruktur Negeri Dari Ruang Fotografi” di Tanamera Coffee, Kebayoran (8/12). 

Mengulas tuntas tentang bagaimana membuat foto cerita, pendekatan, teknik, unsur foto, alat atau device, dan lainnya bersama

Gathot Subroto yang merupakan pengajar fotografi dan salah satu juri Bina Marga Photo Contest. “Fotografi adalah sesuatu yang egaliter. Tidak ada yang jago dan yang jago moto” buka Gathot di acara workshop fotografi.

Me ininurut beliau foto dapat menggambarkan realita suatu daerah seperti infrastruktur. Sebab karya foto itu mewakili kenyataan. Foto story sebenarnya simple dan mengikuti perkembangan zaman. “Cara bercerita selalu berubah di tiap jamannya. Jaman dulu sama jaman sekarang cara berceritnya pun berbeda,” tutur Gathot. 

Gathot pun melanjutkan, pada prinsipnya manusia adalah pencerita yang baik dan perkembangan teknologi mampu merubah jalan fikir seseorang. 10 tahun lalu photo story itu dianggap hal berat. Tapi jaman sekarang ketika kamera mudah diakses maka semakin praktis, semua orang bisa bercerita melalui foto.

Terakhir, Gathot menjelaskan tentang tips dan trik dalam membuat photo story diantaranya adalah topik yang harus terukur dana dan waktu, alokasi waktu, research yang mendalam soal tema, persiapan teknis dan non teknis, melibatkan partner, foto sebanyak mungkin, fokus terhadap project, dan mencatat untuk menghindari kealpaan. (*/Bekri)

Facebook Comments

Leave a Reply

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.