Borneo Extravaganza 2015 Dipadati Pengunjung

Bandung (Paradiso) – Genjot angka perjalanan di wisatawan di nusantara, Kementerian Pariwisata menggelar pameran pariwisata Borneo Extravaganza 2015 di Atrium Bandung Indah Plaza. Kegiatan yang digelar hinggu Minggu (29/11/2015) secara resmi dibuka Asisten Deputi Pengembangan Pasar Personal Raseno Arya pada Jumat malam (27/11/2015).

Hadir dalam acara pembukaan pameran tersebut, pejabat provinsi dan kabupaten Kalimantan, pengurus Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI) dan para pengusaha Biro Perjalanan Wisata (BPW) Kalimantan.

Borneo Extravaganza merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan lima Pemerintah Provinsi (Pemprov) se-Kalimantan (Pemprov Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara dan Kalimantan Tengah.

Raseno Arya mengatakan kegiatan ini sebagai upaya mempromosikan potensi pariwisata Kalimantan dalam mendukung Pesona Indonesia untuk mencapai target 275 juta perjalanan wisatawan nusantara (wisnus) pada 2019.

Momentum penyelenggaraan dinilai tepat karena mendekati musim liburan panjang hari raya Natal dan Tahun Baru 2016. Pemilihan Kota Bandung sebagai tempat penyelenggaraan pameran juga sangat tepat karena Bandung merupakan sumber wisatawan nusantara (wisnus).

“Bandung merupakan pusat pariwisata Jawa Barat yang banyak dikunjungi wisatawan mancanegara (wisman) maupun wisnus. Selain itu, banyak penerbangan langsung dari Bandung ke Kalimantan sehingga memudahkan aksesibilitas bagi wisatawan untuk berkunjung ke Kalimantan,” ujar Raseno.

Mengenai Kalimantan sendiri, Raseno memaparkan Borneo memiliki obyek wisata yang bertumpu pada potensi alam (nature), potensi budaya (culture) dan potensi wisata buatan (manmade) resort.

Seperti, wisata ekologi dan petualangan di kawaan konservasi Orang Utan Tanjung Puting, wisata bahari (diving) di Kepulauan Derawan, wisata sungai (river cruise) di Sungai Rungan dan Kahayan. Begitu pula wisata budaya Dayak, Melayu dan Tionghoa di Kota Singkawang, Kalbar menjadi daya tarik wisata.

Penyelenggaraan Borneo Extravaganza 2015 mengambil tema Exotic Borneo akan berlangsung selama tiga hari pada 27-29 November 2015 dengan menyediakan booth utama yang diisi produk unggulan dari lima provinsi se-Kalimanan termasuk provisi terbaru Kalimantan Utara dan 8 booth lainnya diisi BPW atau travel agents.

Penggagas dan event organizer kegiatan Inke Maris penyelenggaraan event pameran pariwisata yang dimulai sejak 2004 tersebut berhasil menyatukan seluruh provinsi di Kalimantan dalam melakukan kegiatan promosi bersama.

Event tersebut telah memicu berbagai kegiatan wisata dan festival lainnya serta mendorong perkembangan industri pariwisata. Selain itu juga mendorong peningkatan akses penerbangan dari Surabaya, Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta.

Acara pameran dimeriahkan dengan atraksi seni budaya Dayak, Tionghoa, Melayu berupa tarian dan musik serta pameran kerajinan khas Kalimantan yang didatangkan langsung dari Kalimantan.

Adapun pertunjukan atraksi seni budaya tersebut berlangsung di panggung pameran setiap hari selama pameran berlangsung dari pukul 12.00 hingga 14.00 wib dan pukul 19.00 hingga 21.00 WIB. (*/bowo)

Facebook Comments

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.