Borobudur Targetkan Kunjungan 2 Juta Wisman

Yogyakarta (Paradiso) – Borobudur merupakan objek wisata yang menjadi salah satu ikon bagi pariwisata Indonesia. Ironisnya, data tahun 2014 menunjukkan bahwa jumlah kunjungan wisman ke Borobudur pertahunnya hanya 250 ribu orang. Hal ini yang kemudian mendapat sorotan dari Kementerian Pariwisata dalam Seminar Nasional Pengelolaan Berkelanjutan Pariwisata Budaya, yang digelar di Hotel Amborukmo, Yogyakarta, pada Selasa (16/6/2015).

Dalam kegiatan seminar tersebut, Menteri Pariwisata Arief Yahya menargetkan peningkatan jumlah kunjungan di tahun ini, dan Menpar juga berharap pada 2019, jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Borobudur bisa mencapai angka 2 juta orang.  Target tersebut dinilai tidak muluk-muluk, mengingat lokasi Borobudur berdekatan dengan objek wisata lainnya, seperti Prambanan dan Ratu Boko, selain juga dekat dengan wilayah tujuan wisata lain, seperti Solo dan Semarang.

Arief Yahya menyebut pendapatan negara dari sektor pariwisata dengan kunjungan wisatawan mancanegara paling tinggi masih ditempati Bali. Dirinya meminta daerah lain untuk meniru promosi atau upaya untuk menarik wisatawan asing untuk datang. Khusus Bagi Yogyakarta dan Jawa Tengah yang mempunyai ikon pariwisata heritage dunia, yaitu Borobudur, dirinya mengharapkan daerah ini mampu menarik 2 juta wisatawan mancanegara tiap tahunnya.

“Untuk pandangan saja, Bali itu 40 persen dengan pendapatan 4 miliar dolar ya 40 T, Jakarta 30 persen, Kepri 20 persen, Kepri itu gak punya ‘Borobudur’. Sudah saya cek, gak punya ‘Borobudur’, lho kita punya Joglosemar kok hanya 1 persen yang tertarik. Maka kesimpulan saya pasti ada yang salah,” ungkap Menteri Arief dilansir Liputan6.

Terkait akan hal ini, Menteri Arief menargetkan pemasukan negara dari pariwisata Yogyakarta dan Jawa Tengah mencapai 10 persen dari target nasional. Angka devisa nasional mencapai 1000 T, maka 10 persen dari devisa nasional adalah 100 T. Jika target ini tercapai maka Kementerian pariwisata dapat mengupayakan pengembangan infrastruktur untuk menunjang pariwisata di daerah. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.