BP Batam Kembangkan Pelabuhan Beton untuk Kapal Pesiar

Pelabuhan Beton SekupangBatam (Paradiso) – Badan Pengusahaan Batam berencana untuk kembangkan Pelabuhan Beton Sekupang yang selama ini hanya sandar kapal milik PT Pelni menjadi pelabuhan kapal pesiar.

Direktur Perencanaan dan Pembangunan BP Batam, Imam Bachroni di Batam, mengatakan kami masih mengkajinya. Jika dikembangkan namun hanya untuk melayani Kapal Pelni tidak akan sesuai dengan biaya yang dikeluarkan. Jika mungkin, pengembangan juga diperuntukan bagi kapal wisata atau pesiar.

“Saat ini pelabuhan yang terletak berdekatan dengan Pelabuhan Domestik dan Internasional Sekupang tersebut hanya disinggahi KM Kelud milik PT Pelni dua kali sepekan untuk melayani pelayaran ke Jakarta dan Medan. Selama ini, yang dikembangkan hanya dermaganya saja. Sementara untuk terminal penumpangnya masih belum dibangun,” ujarnya.

Dikatakan, tentu kami menyesuaikan dengan kebutuhan. Kalau memang ada peluang untuk kapal-kapal pesiar tentu akan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan. Pelabuhan Beton Sekupang berada pada sisi barat Pulau Batam dan berdekatan dengan Singapura. Namun hingga saat ini banyaknya kapal pesiar belum ada yang menjadikan Batam salah satu tujuan pelayarannya.

“Saat ini yang paling mendesak adalah pengembangan pelabuhan domestik. Direncanakan tahun ini dua pelabuhan domestik masing-masing Sekupang dan Telaga Punggur akan dibangun ulang. Pelabuhan Sekupang yang menjadi pelabuhan utama penghubung Pulau Batam dengan wilayah lain di Provinsi Kepri, Riau dan Jambi akan dibangun dua lantai dengan anggaran di atas Rp50 miliar. Pelaksanaannya diharapkan bisa dilakukan pada 2015,” kata Bachroni.

Ditambahkannya, sementara itu, Pelabuhan Telaga Punggur yang menghubungkan Kota Batam dengan Kota Tanjungpinang yang menjadi ibu kota Provinsi Kepri dibangun dengan anggaran Rp46 miliar, dimulai pada 2015.

“Dua-duanya sudah disiapkan terminal sementara agar selama pembangunan tidak mengganggu aktivitas penyeberangan yang menjadi transportasi utama di Batam,” ungkapnya. (*)

Facebook Comments

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.