Bromo Perlu Terapkan Visitor Management

bromoJakarta (Paradiso) – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menilai  Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) perlu memiliki visitor management setelah tarif masuk kawasan alam itu naik drastis.

Direktur Promosi Pariwisata Luar Negeri Kemenparekraf Nia Niscaya mengatakan bahwa penaikan tarif masuk wisata terfavorit di Jawa Timur itu harus seimbang dengan fasilitas yang disiapkan pengelola. Salah satunya manajemen transportasi yang membuat jalur menuju Bromo macet dan terjadi polusi udara dari kendaraan pribadi.

“Bromo ini perlu diatur dengan visitor management yang bisa memberikan pendapatan untuk orang lokal dan pengelolanya. Misalnya ditentukan titik pemberhentian kendaraan pribadi, lalu berikutnya menggunakan jasa lokal. Kemarin saya ke sana itu macet sekali, beda dengan dulu,” ujarnya.

Dikatakan, ketidaknyamanan sebuah destinasi wisata akan berimbas pada pengurangan pengunjung dan dipastikan pengunjung akan enggan untuk datang kembali. Kalau sebuah destinasi itu terkenal, itu menjadi satu tantangan. Kalau tidak ditata akan habis.

“Wisatawan asing cukup kecewa dengan kenaikan tarif masuk Bromo lantaran pasar wisatawan asing sudah melakukan perencanaan sejak 6 bulan-1 tahun sebelum perjalanan. Untuk itu, penaikan tarif masuk Bromo harus disosialisasikan dengan baik,” katanya.

Ditambahkannya, paket wisata kan dijual di depan, jadi kalau tiba-tiba naik ya mereka kaget lah. Soal sosialisasi ini jangan disepelekan. Kami berharap Bromo tetap favorit karena kami selalu mempromosikan destinasi ini dan jangan sampai produknya tidak dijaga.

“Adapun harga tiket masuk kawasan TNBTS di hari biasa bagi wisatawan nusantara naik dari Rp10.000/orang menjadi Rp37.500/orang atau naik 275%. Tiket masuk pada hari libur naik dari Rp10.000 jadi Rp67.500 atau naik 575%. Sedangkan wisatawan mancanegara dikenai tiket masuk dari Rp72.500/orang menjadi Rp267.500/orang atau naik 269%. Tiket masuk di hari libur dari Rp72.500 menjadi Rp640.000 atau naik 783%,” ungkapnya. (*/ant)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.