Budaya Pesisir Selatan Menggeliat, Gelar Festival Kesenian Kawasan Selatan

Jakarta (Paradiso) – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mendukung pelaksanaan Parade Budaya Festival Kesenian  kawasan Selatan (FKKS) ke-13 tahun 2017. Kegiatan yang mempromosikan potensi wisata dan budaya di pesisir pantai selatan Jawa Timur, khususnya Kabupaten Trenggalek ini dilaksanakan pada Sabtu-Minggu, 21s/d 22 Oktober 2017 di Pantai Prigi Kec. Watu Limo, Kab. Trenggalek, Provinsi Jawa Timur.

FKKS merupakan festival yang digelar secara rutin tiap tahunnya oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Kebudayaan dan Provinsi Jawa Timur.

Melalui tema “Pesona Jaranan Indonesia”, diharapkan event ini sebagai atraksi wisata budaya dengan seni Jaranan sebagai ikon seni Jawa Timur.

Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esthy Reko Astuty  menjelaskan tujuan dilaksanakan event ini untuk melestarikan, mengembangkan dan pemanfaatan keberagaman seni budaya di Jawa Timur.

“Juga bagian dari program pengelolaan keberagaman seni budaya khususnya di Jawa Timur sekaligus sebagai ajang unjuk kreatifitas seni budaya sebagai atraksi promosi potensi budaya dan pariwisata yang menarik,” ungkap Esthy Reko Astuty yang didampingi Kepala Bidang Promosi Wisata Budaya, Wawan Gunawan di Pantai Prigi, Sabtu (21/10/2017).

Esthy Reko Astuty (kiri) bersama Anggota DPR RI Guruh Soekarnoputra.

Wawan Gunawan menambahkan, kegiatan FKKS dipusatkan di pantai Prigi yang eksotis ini menambah kuat akan potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Trenggalek.

“Kami bertekad akan all out mendukung dan mempromosikan secara maksimal potensi budaya yang dimiliki pantai sepanjang pesisir Selatan Jawa Timur, khususnya Pantai Prigi di Tenggalek ini agar bisa lebih maksimal dikunjungi wisatawan. Karena potensi budaya dan keindahan alamnya sangat besar,” ungkap Wawan bersemangat.

Wawan melanjutkan, peserta FKKS ini sendiri ada 8 (delapan) Kabupaten yang berada di Kawasan Pesisir Selatan Jawa Timur. Kabupaten Trenggalek  menampilkan Turangga Yaksa, Kabupaten Pacitan parade jaranan, Kabupaten Blitar dengan Brigade Gong Kyai Pradah, Kabupaten Tulungagung  menampilkan Sengkolo Parade Gumebyaning Bumi Lawadan Mulys Tinata.

“Kabupaten Banyuwangi menampilkan Rebut Pedhut Sang Mbau Rekso Alas Purwo, Kabupaten Lumajang menyajikan Rokat dengan parade Jaran slining, Kabupaten Jember dengan Jaranan Kuwal Rogopadmi dengan Parade Ampak-Ampak Rogopadmi, dan Kabupaten Malang dengan Palagan Jati menyajikan parade Tri Tunggal,” jelas Wawan.

Pengunjung menyemut menyaksikan pertunjukan spektakuler yang tersaji di panggung acara.

Hadir dalam event tersebut antara lain; Wakil Gubernur Jawa Timur, Drs. H. Syaifulloh Yusuf (Gus Iful), Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Kementerian Pariwisata RI, Bupati Trenggalek Dr. Emil Elistianto,M.Sc dan Ibu Arumi, Wakil Bupati Trenggalek, Ketua DPRD Kab. Trenggalek. Anggota DPRRI Guruh Soekarno, Direktur Bank Jatim Riziana Mirda, Kadis Budpar Provinsi Jawa Timur, Kadis Budpar Kab. Trenggalek, Kabid Promosi Wisata Budaya Kementerian Pariwisata, serta puluhan ribu pengunjung dari berbagai kota di Jawa Timur dan sekitarnya.

Peserta FKKS dari delapan wilayah, menurut Bupati Trenggalek Emil Elistianto diharapkan dapat menumbuhkan dan menghidupkan semangat berkesenian khususnya bagi masyarakat di Kabupaten Trenggalek yang dapat membangkitkan semangat untuk memajukan budaya bangsa yang dapat mensejahterakan bangsa.

Artis Nasional tampil Maudi Ayunda menampilkan lagu Perahu Kertas, sontak puluhan ribu pengunjung bergemuruh menyambut pujaan dan idola kaula muda masyarakat Khususnya Jawa Timur ini, dengan ilustrasi para penari jaranan membuat suasana panggung semakin enerjik.

Guruh Soekarno sang maestro seni dengan kelompok swara mahardika mampu menjadi koreografer yang mengemas formasi seni pertunjukan tari jaranan yang kolosal ini. Ditangan Guruh penampilan ratusan para penari asli Trenggalek ini disulap menjadi sebuah suguhan yang sangat luar biasa spektakuler, inilah makna sebuah pendampingan dalam mengemas seni lokal menjadi menu internasional.

” Kesuksesan FKKS 2017 kali ini diharapkan tahun depan bisa berkembang lebih baik lagi dengan menciptakan event yang lebih besar yaitu Pesona Festival Prigi dengan dukungan Kementerian Pariwisata RI,” pungkas Bupati Trenggalek Emil Elistianto.  (*)

Facebook Comments

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.