Byomantara: STP Bali Dukung Program AWAI Padukan Pertanian dan Pariwisata di Bali

Nusa Dua (Paradiso) – Ketua STP Bali, Drs. Dewa Gde Ngurah Byomantara, M.Ed menegaskan STP Bali sebagai lembaga pendidikan pariwisata siap mendukung program AWAI Bali yang memadukan pertanian dan pariwisata. “Kita siap dukung dari sisi penyiapan SDM pariwisata yang handal dan berkualitas untuk ditempatkan di berbagai agro wisata di Bali maupun luar Bali,” kata Byomantara di sela-sela Focus Group Discussion (FGD) tentang Peningkatan Nilai Tambah Sektor Pertanian melalui Pengembangan Agro Wisata di Ramada Bintang Bali Hotel, 28-30 April 2019.

Agro wisata adalah salah satu alternatif atraksi wisata untuk memberikan variasi DTW di Bali. STP Bali sebagai lembaga pendidikan tinggi dibidang pariwisata pasti mendukung program AWAI yg memadukan antara pertanian dan pariwisata.

Sebenarnya STP Bali lanjut Byomantara sudah dari dulu peduli dalam pengembangan agro wisata seperti membantu Desa Sibetan, Kabupaten Karangasem dan juga Desa Pancasari untuk pengembangan agro wisata.

“Bersyukur juga pihak DPP dan DPD  AWAI Bali memperhitungkan STP Bali untuk berpartisipasi dalam agro wisata di Bali maka kami akan all out mendukung pengembangan agrowisata di Bali. Apalagi visi AWAI Bali meningkatkan nilai tambah sektor pertanian melalui pengembangan wisata agro sangat selaras dengan prinsip pengembangan pariwisata yaitu peningkatan kesejahteraan masyarakat. Maka  dari itulah STP Bali akan mendukung penuh program – program AWAI Bali  khususnya dan di Indonesia pada umumnya,”tegas Byo yang kini tengah mengambil program doktornya di Universitas Udayana ini.

Sementara Bagus Sudibya usai Dilantik Jadi Ketua DPD AWAI Bali mengatakan akan mengandeng Lembaga Pendidikan termasuk STP Bali untuk pengembangan  agro wisata di Bali. Salah satu yang  urgen adalah penciptaan kurikulum yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh agro wisata sehingga tercipta keselarasan antara lembaga pendidikan dan dunia kerja dalam penyiapan tenaga kerja.

I Putu Esa Widaharthana, Ketua Unit Kewirausahaan STP Bali dan juga dipercaya jadi Wakil Sekretaris DPD AWAI Bali juga mengatakan hal senada. Pariwisata Bali sebagai pariwisata budaya sudah jadi arah dan tujuan pengembangan pariwisata Bali yang berkelanjutan. Budaya Bali ada budaya pertanian yg tercermin dalam Tri Hita Karana. Karena itu menurutnya peran STP Bali adalah mensinergikan pariwisata dengan pertanian melalui pengembagan kurikulum berbasis local genius (agriculture & agrotourism) sebagai salah satu upaya dalam membangun sustainable tourism yg memiliki karakter & kemandirian. Dalam konteks entrepreneurship, STP Bali memiliki peran strategis dalam membangun dan mengembangkan mind set kewirausahaan yg berbasis budaya. Karena itu agro wisata menjadi salah satu bagian yg menjadi fokus pengembangan pendidikan kewirausahaan, tegas dosen STP ini.

Sementara itu sebelumnya Ketua DPD AWAI Bali, Bagus Sudibya yang juga pemilik Bagus Agrowisata Plaga mengatakan tekadnya  membangun sinergi antara pertanian dan pariwisata. Kenapa kita selalu membuat dikotomi antara pertanian dan pariwisata? Produk pertanian memang harus diserap oleh industri pariwisata dan kita bersyukur juga sekarang ada Pergub Bali no. 99/2018 yang mengatur tentang Pemasaran dan Pemanfaatan Produk Pertanian, Perikanan dan Industri lokal Bali oleh industri pariwisata. Tentu ini dimaksudkan agar produk pertanian petani Bali dapat terserap sepenuhnya oleh industri pariwisata di Bali,” kata Bagus Sudibya.  

Untuk mencapai hal itu bukanlah perkara mudah.Petani harus menjaga kualitas produknya serta menjamin kontinuitas ketersediaan produknya. Menurut Bagus Sudibya  menjamin kualitas yang baik dibutuhkan benih yang baik dan  untuk menjamin kesinambungan  diperlukan lembaga riset yang mumpuni disektor pertanian. Sejumlah universitas di Bali seperti Udayana dan STP Bali akan diajak kerjasama untuk mengembangkan nilai tambah di sektor pertanian dan pariwisata. 

AWAI juga akan menginventarisir berbagai event yang berkaitan dengan pertanian di Bali dan kemungkinan besar event-event masyarakat itu diangkat menjadi festival agrowisata yang dituangkan dalam kalender of event wisata di Bali. 

Sementara itu Ketua DPP AWAI, Hibran Turangan mengatakan bila pertanian atau agro wisata yang dikelola dengan baik akan menjadi destinasi yang bagus dan diminati karena memberikan edukasi dan entertainment. Dengan berkembangnya agro wisata, Hibran berharap masyarakat bisa mendapat nilai lebih dari sekedar produk yang dijual.(*) 

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.