Damn! I Love Indonesia Ikutan Balut Rakornas Pariwisata ke-IV

JAKARTA (Paradiso) – Siapa yang tidak kenal produk “DAMN I Love Indonesia” milik Daniel Mananta? Produk yang menjadi tren di kalangan anak muda? Yang pernah dipakai Adam Levine, vokalis band Maroon 5? CEO Air Asia Tony Fernandez? Nah, warna warni menarik ini akhirnya ikut dimunculkan di Rakornas Pariwisata ke-IV di The Hall, Kota Kasablanka, Jakarta, Selasa (12/12).
 
Lantas ngapain juga “DAMN I Love Indonesia” ikutan muncul di even akbar sekelas Rakornaspar? Even yang dihadiri sejumlah menteri? Orang-orang penting dari berbagai industri pariwisata? 
 
Ternyata, produknya dilirik ikutan CO Branding dengan Wonderful Indonesia. Branding yang sudah nangkring di posisi 47 dunia. Branding yang juga sudah mendapat puluhan award nomor satu tingkat dunia. Hasilnya? Presenter sekaligus pengusaha muda, Daniel Mananta merasa happy. Dia mengaku makin mantap mengibarkan nama Indonesia ke level yang lebih tinggi lagi.
 
“Gue senang sekali produk Damn! I Love Indonesia dipercaya Kemenpar untuk co-branding. Perkembangannya kian signifikan,” kata Daniel di acara Rakornas IV Pariwisata di The Hall, Kota Kasablanka, Jakarta, Selasa (12/12).
 
Nominal keuntungannya memang enggan disebutkan. Meski begitu, menurut Daniel, produksinya terus meningkat. “Pertama dulu, gue hanya produksi 60 potong dengan dua warna saja. Rinciannya 5 lusin warna putih, dan 5 lusin warna hitam,” kenangnya.
 
Namun, sekarang ceritanya berbeda jauh. Dia mengaku bisa menghasilkan 2000 potong kaos setiap bulan. Ribuan kaos itu terdiri dari 10 warna yang berbeda untuk perempuan dan laki-laki.
 
Kunci suksesnya ada di marketing. Dan cara yang dipakainya adalah menggunakan endorser. Sahabat-sahabat selebritinya kerap dilibatkan sebagai bagian dari marketing itu.
 
Di level mancanegara malah lebih ngeri lagi. Pesepak bola asal Inggris David Beckham dan vokalis grup band asal California Maroon 5, Adam Levine, pernah memakai kaos  “DAMN I Love Indonesia.” CEO Air Asia Tony Fernandez, juga pernah ikutan memakai kaos rancangannya.
 
“Nanti jurus bagi-bagi akan dilakukan lagi. Kali ini yang dibagikan tentu saja yang ada brand Wonderful Indonesia-nya,” tambah Daniel.
 
Saat ini, produk yang ditujukan kepada masyarakat kelas menengah dan atas ini sudah memiliki 10 toko yang terbesar di Indonesia. Daniel pun berharap usahanya ini bisa dilirik dunia Internasional.
 
“Saya terus mengikuti pameran internasional biar dikenal sampai luar negeri. Sekarang keluar negerinya sudah bisa bersama Wonderful Indonesia,” pungkasnya.
 
Menteri Pariwisata Arief Yahya, mengapresiasi langkah co-branding yang dilakukan artis bersama Kemenpar tadi. Dengan menerapkan standar kualitas yang tinggi, akan lebih mudah bagi satu produk untuk hadir dan bersaing.
 
“Kalau ingin bersaing di level global, gunakan global standard juga. Kenali dirimu maka kamu akan memenangi peperangan. Dan respons cepat dari endorser akan memberi dampak yang besar dalam meningkatkan brand pariwisata Indonesia,” ujar Menpar Arief Yahya. (*)
Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.