Deretan Destinasi Asik Berburu Kuliner Purwokerto

PURWOKERTO (Paradiso) – Siapa yang tak kenal Purwokerto. Ibu kota dari Kabupaten Banyumas ini menawarkan destinasi yang beragam. Namun bukan hanya itu. Lokasinya yang strategis membuat Purwokerto menjadi salah satu daerah favorit untuk berburu kuliner khas.

Perjalanan panjang arus mudik atau arus balik berikut kemacetannya tentu membuat perut menjadi lebih cepat lapar. Jika Anda sedang mudik lewat jalur selatan, Purwokerto bisa menjadi kota pilihan untuk singgah beristirahat. Kenapa Purwokerto? di sini banyak pilihan tempat makan enak.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Purwokerto selalu sukses bikin siapapun rindu. Rindu suasananya, rindu tempat-tempat eksotisnya, serta rindu kuliner khasnya yang selalu membekas di hati. Untuk Anda yang pulang kampung ke Purwokerto dan sekitarnya, tak ada salahnya cicipi kuliner rekomendasi TripAdvisor ini.

“Jangan lupa, foto-foto, upload di media social, kasih hastag #PesonaKulinerLebaran2019, agar semua orang bisa mengikuti jejak kalian, menikmati sensasi Purwokerto yang khas. Salam Pesona Indonesia,” ucap Menpar Arief Yahya.

Berikut #Top10KulinerLebaranPurwokerto2019 yang bisa dinikmati.

1. Soto Sokaraja

Pemudik asal Jakarta, bila di Purwokerto selalu sabar menunggu antrean panjang pembeli di Warung Soto Sutri yang belakangan kondang di media sosial. Di Twitter sering disebut kalau Soto Sutri itu enak banget. Sehingga bangak sekali yang ingin mencicipi soto khas Sokaraja yang terkenal dengan saus kacangnya itu. Selain Soto Sutri, soto Sokaraja lainnya yang banyak diburu yakni Soto Lama, Soto Kecik, dan Soto Jalan Bank.

Tiap musim mudik, dari arah Jakarta maupun sebaliknya banyak yang berhenti sejenak untuk menyantap soto. Jalan sepanjang dua kilometer yang dipenuhi warung soto dan getuk goreng itu mengalami kemacetan. Pemudik memilih untuk berhenti sejenak sambil beristirahat. Kebetulan, Sokaraja letaknya di tengah-tengah jalur mudik baik dari Jakarta maupun Yogyakarta. Sejumlah artis juga pernah datang ke warung itu.

Selain menggunakan selai kacang yang cenderung manis, kaldu sapi sengaja dibuat dari daging sapi pilihan agar tak mengeluarkan lemak. Bumbu yang digunakan pun cukup beragam. Terutama bawang, kemiri, jahe, kunyit dan merica.

Soto Sutri seperti halnya Soto Sokaraja yang lain merupakan soto dengan ketupat putih sebagai pengganti nasi, dan dengan ciri khas saus kacang. Saus kacang ini sebenarnya adalah sambal, tetapi biasanya tidak terlalu pedas.

2. Waroeng Pisa

Ketika sedang diet, ajakan makan bareng di restoran rasanya menjadi godaan terbesar dalam hidup. Pastilah Anda menjadi bimbang, dan seringkali berakhir dengan gagal diet. Namun ada satu tempat namanya Waroeng Pisa yang punya sajian sehat, khususnya menu diet keto.

Anda yang belum tahu, diet yang belakangan populer ini sebetulnya pola makan menghindari konsumsi lemak tinggi dan menghindari berbagai jenis karbohidrat pemicu glukosa tinggi di dalam darah.

Di Waroeng Pisa (WaPisa) Purwokerto, ada beberapa pilihan menarik menu diet ketogenic ini. Meski berlabel menu diet, Anda tak perlu meragukan rasanya. Dijamin tak kalah nikmatnya dengan menu lainnya.

Bahan-bahan yang digunakan untuk menu keto ini, memang berbeda dari menu biasa. Sajian pertama ada Mie Ayam Keto namanya. Menu ini keto banget. Kadar karbohidratnya terbilang minim sekali. Bahkan, hampir zero. Sajian nikmat ini dibuat dari mi Siratake yang dibuat dari umbi iles-iles.

Teksturnya lebih kenyal, menyerupai mi ganyong. Tapi bentuknya lebih tebal dengan rasa yang lebih lembut di lidah. Kenikmatan lainnya, ada pada kuahnya yang tetap sedap. Potongan daging ayam berbumbu dan poached egg-nya membuatnya semakin mantap dinikmati. Harganya terbilang ramah, hanya Rp 25 ribu per porsinya.

Menu keto yang kedua adalah Pie Daging. Sajian yang dibanderol dengan harga Rp 50 ribu per porsi ini, dibuat khusus dengan tepung keto. Kemudian diisi dengan daging dan kulit ayam yang diberi bumbu khusus.

Cara memasaknya, di panggang hingga matang dan aromanya keluar. Soal rasa, sejak suapan pertama hingga akhir, daging ayamnya sangat terasa. Apalagi pie ini tersaji dengan ukuran besar yang enak dinikmati berempat.

3. Soto Sutri

Soto Sutri ini sudah begitu melegenda. Kaldunya yang khas, ditambah sambal kacang sebagai pelengkap, membuat Soto Sutri kian mengukuhkan posisi sebagai kuliner legendaris. Tak heran jika hidangan satu ini lumayan punya banyak penggemar. Bahkan mantan Presiden SBY pun konon pernah mencicipi.

Nama Sutri berasal dari ibu Sutriyah, pemilik usaha soto nikmat ini. Masyarakat sekitar sering menyapanya dengan panggilan Sutri, hingga akhirnya muncul nama Soto Sutri.

Warung soto khas Sokaraja ini sudah buka sejak 1984, maka tak heran jika hingga kini mereka punya banyak pelanggan setia. Para penikmat setia soto buatan Bu Sutri biasanya sudah rela antre sejak warung buka pada pukul sembilan. Jangan coba-coba mampir siang atau sore hari, karena biasanya tak ada lagi soto tersisa.

Dari segi komposisi, tak ada yang terlalu unik dari Soto Sutri. Semangkuk soto hadir dengan komponen potongan dagng sapi, bawang goreng, daun bawang, tauge, dan kerupuk. Bahan-bahan tersebut lantas disiram kaldu lezat kaya rempah.

Satu hal yang jadi kekhasan soto ini adalah kehadiran sambal kacang. Adonan pedas cabai dan kacang tersebut konon akan memberikan sensasi rasa yang luar biasa nikmat. Hal inilah yang membuat soto racikan Sutriyah berbeda dari hidangan sejenis lainnya.

4. Soto H. Loso

Seperti halnya Soto Sutri, Soto H. Laso pun sangat melegenda. Pelanggannya pun banyak sekali mulai dari artis hinga pejabat negara seperti Ibu Megawati Soekarnoputri, Bapak Amien Rais dan terakhir Presiden SBY.

Soto H. Loso ini memang khas kota Purwokerto, memiliki paduan rasa yang pas antara asin dan manis, dan ayam yang digunakan adalah ayam kampung. Sotonya berisi suwiran ayam kampung, ketupat, tauge, kerupuk mie, kerupuk warna, ditambah dengan daun bawang dan terakhir ditaburi dengan bawang goreng.

Apalagi ditambah dengan sambalnya. Sambal yang digunakan disini adalah sambal kacang persis seperti Soto Sutri. pokoknya jos gandos.

5. Bakmi Gareng Banyumas

Kalau sedang ke Purwokerto jangan lupa mampir ke bakmi gareng banyumas, ini bakmienya enak dan bumbunya cocok khas banyumas. Menu utamanya ya bakmi rebus dan bakmi goreng.

Menu mie nyemek di Mie Gareng ini adalah menu yang paling banyak diminati konsumen. Mie yang disajikan sangat halus dengan bumbu yang menyerap sampai ke suiran daging ayam,telur dan sayuran yang dicampurkan saat memasak di atas tungku.

Ada yang berbeda dari cara penyajian mie gareng ini yaitu proses memasaknya yang masih menggunakan tungku arang. Karena arang dipercaya akan memberikan citarasa yang khas dan lebih lezat dibanding memasak menggunakan kompor gas. Proses inilah yang dipertahankan secara turun temurun dari tahun 1959 oleh pendirinya yaitu alm. bapak Gareng.

Gareng sendiri bukan nama asli. Menurut cucunya yang sekarang meneruskan usaha ini gareng dalam bahasa banyumas artinya cengeng, tapi justru nama gareng inilah yang jadi trend mark-nya usaha mereka sampai sekarang. Mie gareng ini terletak di jalan terusan Situmpur Purwokerto.

6. Ayam Penyet Surabaya

entah mengapa dinamakan Ayam Penyet saja padahal menunya tak hanya ayam penyet loh tapi ada ayam bakar, ayam lombok ijo, ayam tepung dan masakan lainnya yang tak kalah menarik dengan harga yang masuk kantong.

Menunya dijamin menggugah selera. Ada balado cumi, tampe-tahu-ayam penyet, sate ampela, oseng kikil lombok ijo, garang asem, tumis brokoli, trancam, pepes ikan dll. Mau paket komplit juga banyak, ada udang goreng tepung, cumi, ayam goreng mentega, nasi uduk hingga paketan ayam/ikan bakar/ penyet. Hanya saja paketan disini belum plus minum ya. Soal rasa tak perlu diragukan. Sudah pasti ingin tambah terus.

7. Ayam Bebek Pak Boss

Jika Anda pencinta bebek atau ayam yang digoreng garing, tapi dagingnya tetap lembut dan disantap dengan sambal pedas? Anda wajib mampir ke resto Ayam Bebek Pak Boss.

Tempat makan yang ada di kawasan kuliner Gor Satria Purwokerto ini, menyajikan menu utama ayam dan bebek.

Selain ayam dan bebek, gerai ini terkenal dengan tiga pilihan sambalnya yang dijamin memuaskan selera pencinta kuliner pedas. Ada sambal andaliman, sambal teri dan sambal bawang.

Tekstur daging bebeknya, empuk sampai ke tulangnya. Aroma amis pun, lenyap karena diolah dengan rempah alami yang berkualitas.

Selain itu ada juga aneka pilihan minuman, seperti blended bubble boss dengan berbagai varian rasa di antaranya vanilla, bubble gum, taro greentea, creamy chocolate, choco muffin, dark chocholate, choco oreo, caramello, lychhe tea, manggo, strawbery, cappucino dan minuman yang sedang viral, es kepal milo

8. Seafood Bakar Seruni

Bagi pencinta kuliner laut, Seafood Bakar Seruni Purwokerto wajib di coba. Restoran ini meliki menu seafood yang lengkap dan enak. Sudah banyak ulasan menarik yang disampaikan para pengunjungnya di berbagai situs traveling.

Bumbunya kerasa banget, pedasnya pas, porsinya pun sesuai. Pokoknya pencinta seafood wajib datang ke restaurant yang berada di Jl. Jend Sudirman No. 933 Depan Bank Surya Yudha Berkoh, Purwokerto ini.

9. Café Boulevard

Bukan hanya destinasi kuliner tradisional. Purwokerto pun menawarkan destinasi kuliner kekinian. The Boulevard Cafe & Resto misalnya. Kafe ini menghadirkan konsep bergaya eropa, yang berdiri di bangunan peninggalan Belanda, dengan interior dominan warna putih yang terkesan mewah.

Kafe ini berada di sebelah Hotel Besar, dan memiliki lokasi strategis karena berada di jalan utama yang menghubungan Purwokerto dan Purbalingga, yakni Jl. Jenderal Sudirman, No. 734. Kafe ini menyediakan berbagai macam makanan dan minuman, serta dapat disewa untuk berbagai acara. Tak salah jika memilih kafe ini sebagai tempat nongkrong asik dengan keluarga.

10. D’ Garden Hall & Resto

D’ Garden Hall & Resto bisa anda jadikan pilihan terbaik untuk mengadakan acara-acara anda seperti: wedding, pesta ulang tahun, meeting, gathering, workshop, seminar, arisan, maupun sekedar kumpul dengan keluarga dan berbagai jenis acara lainnya.

Restoran yang pada mulanya bernama Warung b’karan ini telah bertransformasi secara besar-besaran untuk meningkatkan level pelayanan serta fasilitasnya tanpa mengurangi citarasa yang telah lekat dengan para pelanggannya.

Nama besar restoran ini membuatnya menjadi salah satu kandidat yang bisa dikunjungi untuk berburu kuliner di Purwokerto. Apalagi lokasinya sangat strategis berada di tengah kota. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.