Destinasi Surabaya Legitimasi Heroisme Sejarah Perjuangan Kemerdekaan

SURABAYA (Paradiso) – Surabaya adalah Kota Pahlawan. Kota yang menginspirasi kota-kota lain di Indonesia. Tak heran jika Surabaya selalu memberikan kesan kepada para pengunjungnya. Kesan ini juga akan kalian dapatkan #PesonaMudik2019. Surabaya akan menjadi #PesonaDestinasiLebaran2019 yang tidak terlupakan.

“Surabaya, Kota Pahlawan. Ada banyak inspirasi yang diberikan kota ini. Semangat dan idealisme untuk mempertahankan kemerdekaan sungguh luar biasa. Sudah seharusnya semangat persatuan ini dirawat dengan baik. Tidak ada perpecahan karena apapun. Dan, semangat itu masih terpahat di tiap sudut Kota Surabaya,” ungkap Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Rabu (1/5).

Sebagai destinasi, paket lengkap dimiliki Kota Pahlawan Surabaya. Ornamen sejarahnya melekat pada bangunan kuno. Surabaya juga memberikan warna kekinian melalui beragam fasilitas wisata belanja. Beragam bangunan futuristik simbol arus modernisasi dan peradaban masyarakatnya pun banyak bermunculan.

“Surabaya sukses bertransformasi, tanpa kehilangan jatidirinya. Semua elemen dan potensinya melebur hingga saling menguatkan. Ada banyak experience terbaik yang ditawarkan Kota Pahlawan ini. Silahkan eksplorasi eksotisnya Surabaya sembari mudik atau menikmati libur Lebaran,” bisik Menpar sembari merekomendasikan #Top10DestinasiKotaSurabaya versi TripAdvisor.

Menambah kenyamanan menemukan destinasi pariwisata, kecanggihan piranti Waze atau Google Maps siap membantu. Tinggal klik saja melalui gawai masing-masing. Tunggu instruksi. Lalu, Anda akan dibawa menuju lokasi dengan rute tercepat. Berikut #Top10DestinasiKotaSurabaya versi TripAdvisor :

1. Tugu Pahlawan
Kurang afdol rasanya jika Anda mengunjungi Surabaya tanpa menyaksikan monumen yang satu ini. Lokasinya juga berada di kompleks yang sama dengan Museum Sepuluh November. Dengan demikian, dalam satu lokasi yang sama, Anda bisa menemukan dua objek wisata sekaligus.
Monumen ini berwarna putih dan menjulang setinggi 41,1 meter, berbentuk paku terbalik, lokasinya di Jalan Pahlawan, Surabaya. Sekelilingnya merupakan lapangan luas berwarna hijau. Pada bagian depan, pintu masuk, Anda akan disambut oleh patung Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta yang berdiri berdampingan. Di belakangnya, ada pilar-pilar berwarna putih dengan patung Burung Garuda di bagian atasnya.
2. Monumen Kapal Selam
Museum ini punya keunikan yang tak dimiliki lainnya. Yakni, lokasinya berada di sebuah kapal selam raksasa. Kapal ini ditampilkan utuh lengkap dengan beragam panelnya. Di dalam kapal ini, traveler bisa melihat lebih dekat sejarah kapal selam dan sebagainya.

Tak cuma untuk orang dewasa, Monumen Kapal Selam juga cocok untuk menambah pengetahuan anak-anak tentang perkapalan di Indonesia. Lokasinya berada di Jalan Pemuda no. 39 Kaliasin, Genteng, Surabaya. Monumen ini memang merupakan kapal selam asli.

Tidak tanggung-tanggung, kapal selam ini adalah KRI Pasopati 410 yang ikut bertempur pada peristiwa Laut Aru. Peristiwa tersebut adalah pertempuran antara Indonesia dan Belanda yang terjadi di Laut Aru, Maluku, pada tanggal 5 Januari 1962.
3. House Of Sampoerna
Museum House of Sampurna menyuguhkan berbagai cara pembuatan rokok sejak zaman dulu. Meski menawarkan berbagai hal tentang rokok, tapi uniknya tidak tercium aroma khas tembakau.

Museum ini dulunya merupakan panti asuhan. Arsitektur khas kolonial dengan pilar-pilar besar yang menjulang. Bangunan museumnya sendiri terdiri dari 2 lantai. Ada beragam informasi lengkap yang bisa didapatkan di sini. Khususnya, silsilah penerus ‘tahta’ hingga jajaran pimpinan Sampoerna.

Tampil artistik, museum tersebut memajang beragam lukisan. Mulai gambaran suasana pabrik, hingga kebiasaan merokok masyarakat pribumi sejak dulu. Tak hanya itu, koleksi bungkus korek dari masa ke masa juga terpelihara dengan baik. Diantaranya, ada beberapa koleksi pribadi.

Bila ingin berkunjung, silahkan datang ke Taman Sampoerna 6, Surabaya. Tempatnya nyaman dan bersih membuat destinasi ini dinobatkan sebagai yang terbaik di Surabaya versi Tripadvisor.

4. Jembatan Suramadu
Belum lengkap ke Surabaya bila tidak mengunjungi Jembatan Suramadu. Jembatan penyeberangan ini menjadi ikon baru dari Kota Surabaya dan Madura.

Tak hanya itu, wisatawan juga bisa menikmati keindahan fisik jembatannya. Bila Traveler melintasi Jembatan Suramadu, otomatis akan mendapatkan suguhan pemandangan laut yang menakjubkan.

5. Tunjungan Plaza Mal terbesar di Surabaya ini cocok bagi traveler pecinta belanja. Di sana traveler akan dimanjakan beragam produk menarik, mulai dari pakaian, sepatu, makanan, alat elektronik dan sebagainya.

6. Supermal Pakuwon Indah
Supermal Pakuwon Indah merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Surabaya. Luasnya sekitar 18 Ribu Meter Persegi. Kawasan ini super lengkap karena menyatu dengan Pakuwon Trade Center dan Pakuwon Indah Super Block. Ada 2 apartement di sini, seperti Orchard dan Tanglin Tower. Untuk Supermal Pakuwon, bangunannya terdiri dari 3 lantai basement, 6 lantai mall, hingga 1 lantai khusus exhibition.

Menjadi pusat perbelanjaan, Supermal Pakuwon menawarkan beragam produk ternama. Harganya juga kompetitif. Kawasan ini juga dilengkapi berbagai restoran dan departement store. Fasilitasnya lengkap mulai dari beragam wahana hiburan hingga Anjungan Tunai Mandiri (ATM).
7. Mall Galaxy Kota Surabaya memang dikenal sebagai surganya belanja. Seperti mall yang satu ini misalnya. Menarkan berbagai macam pilihan produk yang diinginkan. Mulai dari kuliner, fashion sampai kebutuhan rumah tangga.

8. Taman Bungkul Boleh jadi, Anda tidak lagi asing dengan nama taman yang satu ini meski belum pernah menginjakkan kaki ke sini. Taman ini memang sangat termashyur dan menjadi salah satu fasilitas umum favorit warga Surabaya. Pemuda-pemudi dan keluarga tumpah ruah di sini untuk sekadar melakukan relaksasi atau berkumpul dengan komunitas.

Lokasinya ada di Jalan Taman Bungkul, Darmo, Wonokoromo, Surabaya. Selain menjadi taman bagi publik, area ini dilengkapi koneksi internet nirkabel gratis. Ada juga air minum langsung dari kran. Taman Bungkul rupanya juga temasuk salah satu destinasi wisata ziarah. Di kawasan ini terdapat makam Sunan Bungkul, seorang ulama besar pada masa Kerajaan Majaphit.

9. Masjid Al-Akbar Tempat wisata di Surabaya ini adalah salah satu yang favorit bagi kaum muslim. Masjid ini merupakan masjid terbesar kedua di Indonesia setelah Masjid Istiqlal di Jakarta. Adapun keunikan masjid ini adalah desain kubah berwarna biru-hijau dengan struktur daun yang memberikan kesan sejuk dan damai. Selain itu, desain interiornya pun tak kalah menarik dan mewah.

Lokasinya ada di Jalan Masjid Al-Akbar Timur no. 1 Pagesangan, Jambangan, Surabaya. Pengunjung yang datang tidak hanya untuk melakukan ibadah. Anda juga dapat menikmati pemandangan Kota Surabaya, Sidoarjo, hingga Bangkalan (Madura) melalui menara setingi 99 meter.

10. Suroboyo Carnival Park Suroboyo Carnival Park adalah destinasi terbaik untuk berlibur. Destinasi itu merupakan wisata malam terbesar di Surabaya. Ada beragam wahana yang ditawarkan di sini, seperti anak, keluarga, remaja, dan berbayar. Kawasan tersebut pun dilengkapi dengan theme park.

Menawarkan beragam permainan, total ada sekitar 52 permainan yang wajib dicoba. Suroboyo Carnival Park memiliki Go-Kart dan Perang Laser. Ada juga wahana Kids Kingdom hingga roller coaster. Untuk roller coaster yang terkenal adalah Bledek Coaster. Selain itu, Suroboyo Carnival Park menawarkan sisi horor melalui Pirates Ghost Ship. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.