Destinasi Wisata Baru Diharapkan Banyak Muncul

Pantai Pulau Merah, Banyuwangi
Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Jakarta (Paradiso) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu yang mengatakan saya berharap semakin banyak bermunculan destinasi wisata unggulan baru di berbagai daerah di Indonesia, sehingga pilihan paket wisata untuk turis mancanegara lebih beragam.

“Saat ini pasar wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia masih didominasi Bali. Padahal kita memiliki banyak destinasi wisata, seperti Banyuwangi dengan Kawah Ijen dan Pantai Pulau Merah. Letak Banyuwangi juga strategis, dari Bali dan Surabaya sama-sama dekat karena sudah ada penerbangan langsung,” katanya.

Dikatakan, saya memuji inisiatif daerah seperti Kabupaten Banyuwangi dalam mengemas pemasaran pariwisata melalui berbagai kegiatan, seperti olahraga dan festival budaya. Saya tahu Banyuwangi punya agenda pariwisata tahunan, seperti Banyuwangi Ethno Carnival, Festival Batik dan Beach Jazz Festival. Selain itu juga ada sport-tourism balap sepeda Tour de Ijen dan kejuaraan selancar.

“Berbagai kegiatan pariwisata yang dikemas dengan sajian menarik tersebut akan mampu meningkatkan ketertarikan wisatawan lokal dan mancanegara, yang pada akhirnya mendongkrak tingkat kunjungan wisata,” katanya.

Ditambahkannya, Kemenparekraf, akan terus mendorong semakin banyak daerah untuk berinovasi mengembangkan sektor pariwisata dan memfasilitasi promosi wisata daerah.

“Prinsipnya, kita lihat komitmen dari daerah, apakah event wisatanya dari tahun ke tahun membaik, konsisten dan semakin kreatif. Contohnya Banyuwangi yang secara rutin menggelar kegiatan dan meningkat kualitasnya. Selain itu, juga ada media promosi berbasis Android yang bisa diakses dengan mudah,” ungkapnya. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.