Di Thailand, Kemenpar Perkuat Peran GenWI

BANGKOK (Paradiso) – Peran Generasi Wonderful Indonesia (GenWI) akan semakin diperkuat. Komunitas ini diharapkan dapat lebih intens mempromosikan pariwisata Indonesia di luar negeri. Untuk itu, sejumlah workshop digelar. Salah satunya, di Thailand, Sabtu (18/5).

Kegiatan yang digelar adalah Konsolidasi dan Workshop Kampanye Wonderful Indonesia. Acara dilangsungkan di Multi Purpose Room (LA 107-108) Faculty Liberty Arts Thammasat University Tha Phra Chan Campus, Thailand.
Event ini melibatkan GenWI Thailand. Tampil sebagai narasumber Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Media dan Komunikasi Don Kardono.
“GenPI dan GenWI adalah garda terdepan Kementerian Pariwisata. Tujuannya, untuk memperkenalkan dan mempromosikan pariwisata Indonesia. Bedanya, GenPI berpromosi di dalam negeri, GenWI di luar negeri. Tapi cara yang ditempuh tetap sama. Melalui media sosial,” papar Don.
Don menjelaskan, kegiatan ini juga menyentuh GenWI lain. Seperti Singapura, Malaysia, dan New Zealand, Australia, juga Filipina.
“Kita ingin menyamakan persepsi. menyamakan pola pandang tentang bagaimana pariwisata Indonesia. Juga bagaimana mempromosikannya di media sosial. Termasuk apa saja yang bisa dipromosikan. Jadi ada standar saat mereka mulai bermain di media sosial,” katanya.
Don menambahkan, selama ini ada beberapa GenWI yang sangat eksis. Salah satunya adalah GenWI Jepang. Bahkan, konsistensi GenWI Jepang dibuktikan dengan penghargaan yang diraih beberapa waktu lalu.
Selain itu, eksistensi juga diperlihatkan GenWI New Zealand. Beberapa kali GenWI New Zealand terlibat aktif dalam sejumlah event.
“Hal-hal seperti itu yang kita inginkan. Kalau melalui media sosial, kita tidak perlu ragu. Karena, GenPI dan GenWI memang memanfaatkan sarana itu. Namun, kita juga berharap ada aktivitas offline yang mereka lakukan. Ada momen yang bisa dimanfaatkan. Misalnya saat ada event sport tourism dan lain-lain,” papar Don.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga berharap GenWI bisa terus memperkenalkan pariwisata Indonesia.
“Tapi, tentunya kita berharap mereka juga melakukan terobosan. Melakukan inovasi. Sehingga, promosi yang dilakukan menjadi efektif. Menjadi tepat. Karena, GenWI tenatu lebih tau market dan bagaimana treatment menghadapi masyarakat setempat,” paparnya. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.