Dian Gafar Ungkap Keindahan Surga di Raja Ampat dalam Video Wonderful Indonesia

JAKARTA (Paradiso) – Keindahan destinasi Raja Ampat dipromosikan dalam sebuah video pendek Wonderful Indonesia yang keren. Dalam video itu, seorang Director dan Dive Master, Dian Gafar, menjelaskan jika Raja Ampat adalah surga dunia dan menjadi kebanggaan Indonesia.

“Di Raja Ampat, kamu akan menemui surga dunia yang tersembunyi. Kamu akan mendapati ratusan pulau kecil yang indah, kehidupan burung yang eksotis, dan kebudayaan masyarakat yang unik,” ujar Dian Gafar, Sabtu (17/3).

Raja Ampat merupakan pulau yang berada di Papua. Keindahan alam atas dan bawah laut tempat ini telah diakui di seluruh dunia. Raja Ampat sendiri merupakan satu pulau besar. Namun, disekitarnya terdapat pulau-pulau kecil yang tak kalah cantik.

Raja Ampat terkenal dengan 4 pulau yang juga disebut 4 Raja. Yaitu Misool, Waigeo, Batanta, dan Salawati. Di empat pulau itu kamu bisa melakukan aktivitas seperti snorkeling, menyelam, berenang, tracking, mengendarai kayak atau sekadar bersantai menikmati pemandangan indah.

“Untuk menikmati Raja Ampat cara yang terbaik adalah dengan menggunakan kapal. Karena kamu bisa leluasa melakukan apa saja seperti diving, snorkeling di spot-spot manapun yang dimau yang masih belum didatangi banyak orang,” ujarnya.

Dian Gafar kerap kali membawa turis mengeksplor Raja Ampat. Terutama tempat-tempat yang masih ekklusif, atau belum terjamah manusia. Turis itu diajaknya tracking, scuba diving, atau melakukan apa saja yang menarik.

“Keindahan bawah laut Raja Ampat indahnya tiada tara. Orang yang saya bawa, setelah mereka menyaksikan keindahan bawah lautnya, setelah naik ke permukaan seakan-akan mereka tidak bisa berkata apa-apa untuk menggambarkannya dalam beberapa menit. Saking takjubnya,” ungkapnya.

Dian Gafar sendiri tinggal di Jakarta sejak kecil. Ia bercita-cita mengarungi samudera menaiki kapal penjelajah seperti Jackusto atau Calypso mengelilingi dunia, termasuk perairan Indonesia.

“Ayah saya yang menginspirasi saya soal tourism. Sekarang saya yang harus membawa orang-orang untuk menyaksikan tempat eksotis ini. Dan itu membuat saya merasa sangat bahagia dan paling beruntung di dunia ini,” kata Dian Gafar.

“Saya merasa bahagia saat menyaksikan ekspresi orang-orang saat menapakkan kaki pertama kali di kapal. Dan memberikan pengalaman baru untuk mereka di sebuah tempat baru, membuat saya merasa terberkati,” tambahnya.

Seperti apa sih Raja Ampat itu? Kalau kamu berada di Pulau Misool, pulau ini menjadi jalur lintasan hewan-hewan besar seperti ikan paus dan gurita. Pulau ini berbatasan langsung dengan Laut Seram sehingga memiliki laut lepas yang luas.

Air laut di pulau ini berwarna hijau toska dengan hamparan pasir putih di sekitarnya. Lingkungannya pun dipenuhi pepohonan hutan tropis dan bakau yang hijau.

Di pulau ini pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan, mulai dari snorkeling, menyelam, berenang, atau sekedar bersantai menikmati pemandangan indah.

Pulau Waigeo yang juga dikenal dengan nama Amberi ini terletak di antara Pulau Halmahera dan Pulau Papua. Pulau ini merupakan salah satu pulau yang paling mudah untuk dijangkau dengan transportasi umum dibandingkan pulau di sekitar Raja Ampat lainnya.

Selain lokasi diving yang cantik, di sini pengunjung juga dapat menemukan teluk indah berdinding tebing yang menjulang.

Pulau Waigeo juga memiliki hutan rimba yang luas, tetapi sebagian besar masih belum dapat diakses.

Kalau Pulau Batanta, pengunjung dapat menemukan air terjun Batanta yang berada di pedalaman hutan bakau. Di belakang air terjun juga terdapat goa kecil yang hanya dapat dimasuki lima orang.

Di Pulau Batanta terdapat desa wisata Marandanweser dan Waiweser, di mana pengunjung dapat menginap dan merasakan kehidupan asli masyarakat lokal.

Sementara, Pulau Salawati belum terlalu ramai dan alamnya masih murni. Pulau ini merupakan saksi bisu terjadinya Perang Dunia II, terbukti dari peninggalan-peninggalan bunker Belanda dan Jepang yang ditemukan di pulau ini. Tak hanya itu, di pulau ini pengunjung bisa menemukan ikan pelangi salawati yang hanya ada di pulau ini. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.