Diikuti Banyak Peserta Mancanegara, Belitung Triathlon 2019 Bakal Spektakuler

Belitung (Paradiso) – Belitung Triathlon 2019 segera digelar, 6-7 Juli mendatang. Sport tourism ini diluncurkan langsung oleh Bupati Belitung, Sahani Saleh, Sabtu (29/6). Kabarnya, event ini bakal spektakuler karena akan diikuti ratusan peserta dari berbagai negara.

Bupati Belitung Sahani Saleh mengatakan, peserta asing yang sudah tercatat antara lain dari Singapura, Malaysia, Thailand, Aljazair, Belanda, Polandia, dan China. Jumlah tersebut masih akan bertambah hingga hari terakhir pendaftaran nanti.

“Belitung Triathlon 2019 sengaja digelar untuk menunjang promosi pariwisata di Belitung. Selain sebagai event olahraga, kegiatan ini juga diharapkan dapat menunjang promosi kepariwisataan Belitung ke mancanegara,” ujarnya.

Menurutnya, pemerintah daerah akan mempersiapkan diri sebaik mungkin guna menyukseskan event internasional tersebut. Terlebih, ini merupakan bagian dari promosi pariwisata di daerah.

“Berbagai fasilitas sudah mulai kami benahi. Kami berharap peserta mancanegara dan luar daerah mendapat kesan baik di Belitung. Beragam fasilitas seperti hotel, transportasi dan sarana-sarana lainnya mulai kami benahi. Termasuk soal kuliner dan cinderamata khas daerah,” ungkapnya.

Panitia Pelaksana Belitung Triathlon 2019, Rudy Kalalo menyatakan, Belitung Triathlon 2019 merupakan rangkaian Kejuaraan Tri Factor Asian Championship Series 2018-2019 Indonesia Series Belitung. Event ini menjadi sangat bergengsi karena diikuti ratusan atlet dunia.

“Tahun ini adalah ‘World Champions Series’. Jadi bukan lagi jenjang Asia. Para peserta yang ingin nai ke grand final harus terlebih dahulu mengikuti series ini,” jelasnya.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Rizki Handayani menyebutkan, dipilihnya Belitung sebagai tempat pelaksanaan kejuaraan tersebut tidak terlepas dari pesona dan keindahan alam di sana. Info yang ia terima, sekitar 700 peserta diperkirakan berpartisipasi dalam Belitung Triathlon 2019 ini.

“Kondisi alam Belitung sangat mendukung untuk perhelatan event ini. Lalulintasnya tidak terlalu padat, masyarakat spontanitas, dan juga didukungan oleh pemerintah daerah. Saya berharap event ini sukses, sekaligus dapat mengangkat pariwisata Belitung ke kancah internasional,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan Asdep Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Dessy Ruhati. Ia berharap pelaksanaan event tersebut dapat berjalan lancar dan memberikan dampak yang baik bagi pariwisata daerah setempat.

“Kuota peserta hanya 700, tapi kabarnya yang daftar sudah ribuan. Ini menjadi indikasi bahwa Belitung Triathlon 2019 bakal menjadi event yang spektakuler. Ini menjadi kesempatan bagi pemerintah daerah untuk m emperkenalkan potensi wisata yang dimiliki,” tandasnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan, sport tourism menjadi salah satu konsep yang cukup berhasil menarik wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Sport tourism bukan hanya sebagai pelengkap jenis wisata lain, tetapi benar-benar bisa diandalkan seperti halnya wisata seni budaya, wisata kuliner, dan lain-lain.

“Kita yakin, sport tourism tidak hanya diikuti para peserta lomba, tetapi akan ada pihak lain yang turut dalam kegiatan tersebut. Misalnya keluarga, pelatih, dan atau official. Ini juga harus kita gencarkan agar target kunjungan wisman sebesar 20 juta sepanjang tahun 2019 dapat tercapai,” pungkasnya.(*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.