Dijamin Seru, TIFF 2019 Punya 4 Agenda Utama

NUSA DUA (Paradiso) – Pelaksanaan Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2019 dijamin seru. Ada beberapa alasan untuk itu. Pertama karena akan diwarnai dengan sentuhan milenial. Kedua, TIFF 2019 memiliki 4 agenda utama. TIFF 2019 akan digelar 8-12 Agustus 2019.

4 Agenda utama TIFF 2019 adalah Tournament of Flowers dan Flower Fashion Carnival pada Kamis (8/8). Ada juga Queen of Flowers Contest, 6-9 Agustus, lalu Tourism, Trade, Investment, and Floriculture Expo, 9-12 Agustus 2019.

Festival yang masuk dalam Calendar of Event Kementerian Pariwisata itu juga memiliki 7 side event. Diantaranya Music Showcase, Muri Record Setting, Art & Cultural, juga Tomohon Harmony Concert.

“TIFF ini event besar. Selain pesertanya, event ini selalu menarik wisatawan dalam jumlah besar. Yang jelas ada banyak keuntungan dari festival ini yang bisa dioptimalkan Tomohon. Kami sangat berterima kasih sekali kepada Kemenpar atas dukungannya,” ungkap Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman, kemarin.

TIFF juga sempat dipromosikan di Bali & Beyond Travel Fair (BBTF) 2019, Jumat (28/6). Mengusung tema The Greatest Love of All, beberapa peserta mencanegara siap berkolaborasi di TIFF. Ada Amerika Serikat, Tiongkok, Korea Selatan, dan Filipina. Bergabung juga Nepal, Kazakhstan, dan Bhutan. Ketiga negara ini akan menyajikan konten workshop.

Tahun ini, TIFF dipercaya bisa menarik 15.000 wisman dan 235.000 wisnus. Apalagi, rapor positif terlihat di event sebelumnya. Pada TIFF 2018, event dikunjungi 11.562 wisman dan 224.858 wisatawan nusantara. Arus wisatawan di TIFF memberi impact positif bagi Tomohon. Sepanjang 2018, Tomohon dikunjungi 90.907 wisman. Pada 2019, Tomohon membidik target wisman 92.260 orang.

“TIFF selalu memberikan pengaruh positif besar. Otomatis menambah jumlah total pergerakan wisman. Lebih penting lagi, TIFF memberi impact ekonomi menjanjikan. Hal ini tenu bisa dilihat dari perputaran uang yang terjadi sepanjang event,” terang Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani.

TIFF juga memberikan keuntungan ekonomi Rp18 Miliar hingga Rp20 Miliar. Pada TIFF 2018, nilai transaksi yang dihasilkan Rp18,83 Miliar. Perputaran uang selama 10 hari ini dinikmati oleh seluruh latar belakang masyarakat. Menggunakan bungan sebagai piranti utama, TIFF memberi inkam hingga Rp947 Juta.

Perputaran uang tersebut digunakan untuk membeli 268 Ribu tangkai bunga. Apalagi, bunga dihasilkan oleh masyarakat lokal. Berada pada ketinggian 700-900 mdpl, Tomohon memang jadi tempat tumbuh ideal bagi beragam bunga. TIFF juga membuka lapangan kerja bagi 320 orang.

“Dengan terus berkembangnya event, TIFF akan memberi aliran inkam yang semakin kompetitif. Hal ini tentu bagus bagi masyarakat. Artinya, aktivitas pariwisata terus mensejahterakan masyarakat. Untuk itulah, sudah seharusnya daerah terus mengoptimalkan potensi pariwisatanya,” tegas Rizki lagi.

Aliran value ekonomi TIFF terus melebar. Pelaku industri transportasi lokal ikut menikmati pendapatan hingga Rp134,4 Juta. Sebab, sedikitnya ada 34 mobil yang ikut dilibatkan dalam event. Pemilik toko mendapat income hingga Rp480 Juta dari transaksi peralatan float.

“Bukan hanya tampilannya, TIFF selalu menarik dari sisi ekonomi. Ada banyak industri yang terlibat dari aktivitas TIFF. Secara jangka panjang, masyarakat di Tomohon juga terus mendapatkan manfaat dari event ini. TIFF juga media branding bagi pergerakan wisatawan,” papar Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar Muh. Ricky Fauziyani.

Spending para wisatawan juga menjanjikan. Dengan pergerakan 236.420 wisnus, pendapatan yang dihasilkan sekitar Rp11,8 Miliar di TIFF 2018. Jumlah uang itu mengalir melalui makanan dan minuman. Untuk hotel mendapatkan sekitar Rp400 Juta, lalu Rp1,47 Miliar mengalir melalui stand pameran.

“TIFF memang sangat kompetitif. Selain atraksinya, event juga didukung infrastruktur terbaik. Jumlah ketersediaan kamar terus bertambah karena kehadiran hotel-hotel baru. Dan, itu artinya TIFF memiliki kapasitas lebih besar bagi wisatawan. Kami optimistis, okupansi hotel akan maksimal,” tegas Ricky.

Selain atraksinya yang semakin oke, Tomohon juga memperkuat amenitasnya. Tomohon memiliki hotel baru. Ada Grand Master Resort Tomohon yang bisa menjadi salah satu rujukan menginap. Memiliki fasilitas serba baru, Grand Master ini menawarkan beberapa tipe kamar. Ada Queen Room, Deluxe Room, dan Villa Master Lokon. Fasilitasnya, WiFi, kolam renang, breakfast, hingga barbeque. Informasi detail hubungi +624313101330 atau +624313101011.

“TIFF selalu menjanjikan. Impact positifnya bisa dirasakan sepanjang tahun. Sebab, arus wisatawannya tetap terjaga. Bagaimanapun, TIFF media branding yang ideal. Dengan beragam experience baru yang ditawarkan, pergerakan wisatawan akan lebih optimal di tahun ini. Selain atraksinya, aksesibilitas dan amenitas di Tomohon itu luar biasa,” tutup Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya yang juga Menpar Terbaik ASEAN tersebut.(*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.