Dirjen Hubdat Perintahkan Perketat Pengamanan di Terminal dan Pelabuhan Penyeberangan

Jakarta (Paradiso) – Paska kejadian ledakan di Surabaya Minggu pagi (13/5), Kementerian Perhubungan c.q Direktorat Jenderal Perhubungan Darat memperketat pengamanan di Terminal dan Pelabuhan Penyeberangan. Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi di Jakarta Minggu (13/5).

“Pertama kami ingin menyampaikan bela sungkawa dan duka cita yang mendalam kepada keluarga korban. Kami juga mengutuk keras kejadian yang berlangsung beberapa hari sebelum bulan suci Ramadhan tiba,” ujar Dirjen Budi. “Selanjutnya saya perintahkan juga kepada para Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) di masing-masing wilayah agar memperketat pengamanan dan pengawasan di Terminal dan Pelabuhan Penyeberangan.”

Terminal dan Pelabuhan Penyeberangan sebagaimana Bandara dan Pelabuhan merupakan obyek vital negara yang dalam penyelenggaraannya harus steril dari kegiatan yang berpotensi menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Menjelang bulan Ramadhan ini banyak masyarakat yang melakukan perjalanan pulang ke kampung halamannya, oleh karenanya kita pemerintah harus bisa menjamin keamanan dan keselamatan masyarakat. Namun saya juga mengingatkan agar dalam peningkatan pengamanan tetap mengedepankan dan mengacu pada aturan yang berlaku,” jelasnya.

Sebelumnya, sesaat setelah kejadian ledakan di Surabaya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah memerintahkan jajaran di Kementerian Perhubungan untuk meningkatkan kewaspadaan dan pengamanan di titik simpul transportasi seperti terminal, stasiun, pelabuhan dan bandara serta jalur-jalur transportasi yang strategis. Menhub Budi juga menyampaikan pesan kepada para pengguna jasa transportasi agar tenang dan tidak terpengaruh atas peristiwa ledakan yang terjadi hari ini di Surabaya.

“Saya juga perintahkan kepada para petugas di Terminal dan Pelabuhan Penyeberangan agar memperkuat keberadaan petugas untuk mengawasi pergerakan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Bila diketahui ada pergerakan orang atau barang bawaan yang dicurigai agar dilakukan pengawasan ketat, dan terakhir agar selalu berkoordinasi dengan Kepolisian untuk membantu pengamanan dan melaporkan dengan segera jika ditemui hal-hal dicurigai baik pergerakan orang maupun barang bawaan,” pungkasnya. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.