Diving pun Bisa Menjadi Wisata Keluarga

deep extreme (1)Jakarta (Paradiso) – Menyelam atau diving merupakan salah satu aktifitas wisata yang masuk dalam kategori kegiatan alam yang menantang, perlu keahlian khusus bagi setiap pelakunya.

Umumnya wisata jenis ini pun digemari oleh orang-orang yang senang dengan petualangan alam dan biasanya secara usia juga terbilang muda.

Kini wisata diving makin dikenal, para penggemarnya secara usia pun makin beragam. Orang-orang yang sudah tidak muda lagi mulai banyak yang menyukai wisata diving. Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu sangat mungkin jika diving bisa menjadi wisata keluarga.

“Ada orang yang memulai untuk diving pada usia yang tidak muda lagi. Beberapa teman saya juga ada yang sekarang menyukai diving. Biasanya karena ditularkan oleh anak-anak mereka. Akhirnya para orang tua pun ikut menggelutinya,” kata Mari saat menjadi pembicara talkshow dalam pameran Deep and Extreme Indonesia di Hall D II JI Expo Kemayoran, Jumat (28/3).

deep extremeLebih jauh Mari mengatakan yang terpenting adalah melakukan diving sesuai dengan sayarat dan aturan keamanannya. Jika semua itu dipenuhi diving akan aman dan bisa dilakukan siapa saja yang memenuhi syarat.

Untuk makin mengenalkan dan menarik minat wisata diving kepada masyarakat luas, selain promosi juga perlu terus dilakukan peningkatan kualitas dalam usaha wisata diving.

Dari segi equipment, SOP dive guide, dive operator sampai dive site harus  memenuhi standarisasi yang diatur untuk keselamatan diver. “Tahun ini standarisasi usaha bidang selam ini sudah dilakukan,” ucap Mari

Kemenparekraf akan terus meningkatkan kualitas SDM, standar usaha selam dan kompetensi dive guide agar keselamatan penyelam lebih terjamin. (Erwin Gumilar)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.