DKI Gelar Enjoy Jakarta Roadshow 2014 di Jepang

enjoy jakarta di jepangJakarta (Paradiso) – Dengan meningkatnya kunjungan wisatawan asal Jepang ke Indonesia, serta potensi pasar Jepang bagi bisnis pariwisata di Jakarta yang mendorong Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta kembali menggelar event Enjoy Jakarta Roadshow 2014 di dua kota di Jepang, Tokyo dan Osaka.

Selain mempertemukan puluhan pelaku usaha industri pariwisata Jakarta dengan ratusan stakeholder pariwisata Jepang, event ini yang merupakan bagian dari program promosi Enjoy Jakarta yang akan berlangsung di dua kota besar di Jepang, Tokyo (15/10) dan Osaka (17/10) sekaligus juga untuk menginformasikan Jakarta sebagai destinasi  golf and leisure kepada pasar Jepang serta tetap aman dan kondusifnya kondisi Kota Jakarta bagi kunjungan wisatawan mancanegara (wisman), tidak terkecuali pasca Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia yang baru saja berlangsung.

“Melihat pasar wisata Jepang yang besar terutama bagi kontribusi pariwisata Jakarta yang meningkat terus setiap tahunnya. Melalui Enjoy Jakarta Road Show 2014 di Jepang kali ini kita fokus memperkenalkan Jakarta sebagai destinasi golf. Dalam kegiatan roadshow ini kita membawa pelaku industri pariwisata yaitu 4 hotel, 4 travel agent, 3 golf course dan 1 asosiasi pemilik lapangan golf Indonesia,” ujar Wakil Kepala Dinas Disparda DKI, Tinia Budiati.

Dikatakannya, selain konferensi pers dengan para media setempat, Enjoy Jakarta Roadshow 2014 yang diselenggarakan di Prince Shinagawa Hotel, Tokyo dan New Otani Hotel, Osaka juga dikemas dalam acara Table Top dan Gala Dinner. Sekitar 100 buyer yang merupakan tour travel lokal hadir bertemu dengan puluhan pelaku usaha industri pariwisata dari Jakarta. Acara ini dimeriahkan pula dengan atraksi kesenian dan budaya Betawi serta daerah lainnya di Indonesia.

“Lewat acara ini kami harapkan kemitraan, serta hubungan bisnis antara pelaku industri pariwisata Jakarta dengan biro perjalanan wisata Jepang makin meningkat sehingga menguntungkan bagi usaha kedua pihak,” kata Tinia Budiati.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Promosi Disparbud DKI Cucu Ahmad Kurnia mengatakan, saya optimis upaya mendatangkan lebih banyak kunjungan wisatawan dari Jepang ke Jakarta akan berhasil. Tercatat sebanyak 208.153 orang wisatawan asal Jepang mengunjungi Jakarta pada tahun 2013 lalu dan menempati peringkat ke tiga dalam daftar wisatawan mancanegara ke Jakarta setelah wisatawan  asal Malaysia dan China.

Sementara data yang dihimpun Disparbud DKI Jakarta menunjukkan, pertumbuhan sarana dan prasarana wisata di Megapolitan Jakarta melaju pesat dalam beberapa tahun terakhir. Saat ini di Jakarta tersedia tidak kurang dari 1.257 tempat hiburan dan rekreasi yang menyajikan lebih dari 19 jenis hiburan yang siap memberikan berbagai pengalaman keceriaan dan kenyamanan bagi wisatawan lokal, maupun mancanagera.

Jumlah pusat perbelanjaan juga terus bertambah yang kini sudah mencapai lebih 86 mall yang menawarkan berbagai produk-produk berkualitas internasional. Tidak heran, Jakarta kini menjadi maskot perbelanjaan terkemuka di kawasan Asia dan menjadi salah satu daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Dikatakan, tidak heran jika arus wisatawan ke Jakarta tumbuh pesat dari tahun ke tahun. Pada 2013 lalu, wisatawan domestik ke Jakarta mencapai 31 juta orang dan wisman sebanyak 2,3 juta orang. Rata-rata pertumbuhan wisatawan ke Jakarta sekitar 7%-10% per tahun.

“Disana nanti kami juga menghadirkan band idola remaja wanita JKT 48 yang juga sebagai brand ambassador Enjoy Jakarta. Band remaja ini merupakan sister group band dari band idol group asal Jepang, AKB 48 yang bakal tampil di akhir acara press conference  nanti,” ungkap Cucu Ahmad Kurnia.

Cucu  juga mengatakan Disparbud DKI memilih group JKT 48, yang merupakan sister band dari AKB48 yang berbasis di Jepang, karena popularitas band ini tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di Jepang.  JKT48 akan mempromosikan kota Jakarta di berbagai acara, seperti Jakarta Tourism Expo. Group remaja terkenal ini juga akan ke luar negeri untuk mempromosikan berbagai destinasi pariwisata Jakarta.

“Jakarta harus dipromosikan lewat generasi muda, oleh karena itu kami optimistis lewat  JKT48 yang sebagai duta Enjoy Jakarta akan menjadi efektif untuk mengembangkan sektor pariwisata Jakarta,” kata Cucu. (*)

Facebook Comments

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.