Dua Bulan Lagi, Izin Rute Terbang Mandala Bakal Dilego

mandala tutupJakarta (Paradiso) – Maskapai penerbangan Tigerair Mandala telah mengumumkan niatnya berhenti beroperasi mulai 1 Juli nanti.

Namun meski sudah memutuskan untuk tidak lagi terbang, tetapi maskapai yang sebagian besar sahamnya dimiliki Grup Saratoga itu masih mengantongi izin rute penerbangan hingga 3 bulan kedepan.

Israfulhayat, Kepala Bagian Humas dan Hukum, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan dalam siaran persnya mengatakan izin rute masih tetap berlaku selama satu bulan sejak penutupan operasi dan dapat diperpanjang sampai dengan dua bulan.

“Jika dalam 2 bulan ini tidak ada permohonan yang disampaikan oleh pihak Mandala untuk kembali terbang maka izin rute yang kini sudah dikantonginya itu baru akan dicabut dan ditawarkan ke pihak lain,” ujarnya.

Dikatakan, sementara itu terkait izin operasi, kata Israfulhayat, pihak Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian baru akan melakukan telaah pada bulan ketiga setelah berhenti beroperasi. Saat ini Mandala Tiger hanya berhenti dalam hal operasional pelayanan jasa angkutan udara, izin operasinya akan di-review.

“Seperti diketahui, setelah gagal mencari mitra strategis untuk menghidupi operasional maskapai penerbangan Tigerair Mandala akhirnya memutuskan untuk berhenti beroperasi. Pihak direksi mengaku tak bisa berbuat banyak karena ternyata sudah sejak April 2012 perseroan mengalami pembengkakan biaya operasional akibat kelebihan kapasitas maskapai dibanding jumlah penumpang dan akibat pelemahan nilai tukar rupiah,” katanya.

Ditambahkannya, sejak Februari lalu, tercatat makspai tersebut mulai melakukan pengurangan rute penerbangannya. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.