Dukungan Kemenhub Untuk Perkembangan Pariwisata Indonesia

Jakarta (Paradiso) – Menyambut pernyataan Menteri Pariwisata Arief Yahya tentang arahan Presiden Joko Widodo yang menetapkan pariwisata sebagai leading sector dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata IV – 2017 di The Kasablanka Hall, Kota Kasablanka.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang turut hadir dalam Rakornas ini langsung menyatakan kesiapannya dalam membantu mengembangkan sektor pariwisata.

“Kementerian Perhubungan akan terus berusaha untuk memajukan sektor pariwisata dengan percepatan pembangunan konektivitas dan infrastruktur agar destinasi-destinasi wisata semakin mudah untuk diakses” jelas Menhub

Dengan adanya program prioritas “Membangun 10 Bali baru” Kementerian Perhubungan akan terus menggenjot pembangunan infrastruktur dan konektivitas. “Di tahun 2017 ini tercatat ada 27.317.064 kapasitas tempat duduk, 19 Bandara Internasional yang sudah aktif, 12 airlines nasional dan 48 airlines asing” jelas Budi.

“Sekarang ini kami tengah menyiapkan 41 juta kapasitas tempat duduk dan 29 Bandara berstatus internasional yang akan siap beroperasi di tahun 2019 sebagai pintu masuk wisman ke Indonesia demi tercapainya program prioritas Membangun 10 Bali Baru” lanjutnya.

Kemudian beliau menjelaskan tentang kemudahan bagi wisatawan dengan kapal pesiar dan 18 pelabuhan untuk wisatawan dengan kapal yacht.

Beberapa kebijakan pun dijelaskan oleh Kementerian Perhubungan yaitu, menyederhanakan perijinan, menyediakan pelayanan dari dan ke destinasi, kerjasama bilateral asean open sky, serta meningkatkan peran swasta. “Kami akan terus menunjang perkembangan pariwisata indonesia baik itu dari percepatan pembanginan infrastruktur dan konektivitas, maupun dari kebijakan, karena pariwisata masuk kedalam 5 sektor unggulan di tahun 2017 ini” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata Arief Yahya juga mengutip pernyataan  Presiden Joko Widodo bahwa “pariwisata ditetapkan sebagai leading sector. Pariwisata dijadikan leading sector ini adalah kabar gembira dan seluruh kementerian lainnya wajib mendukung dan itu saya tetapkan menjadikan pariwisata menjadi leading sector.”

“Melihat pernyataan dari Bapak Presiden. Saya yakin pariwisata itu bisa menjadi yang terbesar dan terbaik. Devisanya juga besar untuk pemasukan negara. Sektor pariwisata akan kembali masuk ke dalam 5 sektor unggulan di tahun 2018. Oleh karena itu seluruh kementerian dan stakeholder lainnya harus mendukung perkembangan pariwisata Indonesia” tutup Arief Yahya. (*/Bekri)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.