Festival Mina Wisata 2018, Angkat Keindahan Pantai Kedonganan

Bali (Paradiso) – Kedonganan merupakan desa pesisir di sisi selatan pulau Bali yang sangat terkenal dengan sebutan desa penghasil ikan. Namun sepuluh tahun terakhir kawasan ini berkembang sebagai salah satu lokasi wisata yang sangat diminati karena seafoodnya. Desa kedonganan meliliki dua pesisir dengan daya tariknya masing-masing, yaitu Pantai Kedonganan pasir putih dan sunset di pesisir barat serta keindahan hutan mangrove di pesisir timur. Pantai Kedonganan terletak sekitar satu kilometer ke arah barat dari Jalan Raya Uluwatu. Jika telah melihat jajaran kapal-kapal nelayan, maka itulah Pantai Kedonganan. Pantai Kedonganan secara geografis termasuk ke dalam wilayah Desa Kedonganan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Di sana, anda dapat melihat aktivitas para nelayan yang sedang bersandar di putih pasir pantai seperti merajut jala, menimbang hasil tangkapan ikan, nelayan datang dan pergi ke laut, atau hanya sekedar duduk di tepi pantai.

Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui keindahan pantai Kedonganan yang mana tidak kalah cantiknya dengan Pantai lainnya di pulau Bali. Oleh karena hal tersebut, untuk lebih memperkenalkan Pantai Kedonganan ke masyarakat umum dan wisatawan, masyarakat Kedonganan terutama kaum muda menginisiasi untuk mengadakan “Festival Mina Wisata Desa Adat Kedonganan”.

Kegiatan ini merupakan gabungan aktivitas nelayan dengan pariwisata yang berlokasi di depan Pura Segara di Pantai Kedonganan. Acara berlangsung selama dua hari dari Sabtu, 17 Nopember 2018 sampai Minggu, 18 Nopember 2018 dengan mengambil tema “Pesisir Kedonganan”. Acara ini merupakan acara rutin tahunan yang diadakan oleh masyarakat Kedonganan, adapun beberapa kegiatan untuk memeriahkan acara ini diantaranya lomba sanitasi dan hias café, pameran grill terpanjang, lomba baleganjur tari, lomba membuat lawar dan sate lilit seafood, lomba membuat masakan khas Kedonganan, Lomba pasir patung, lomba mencar, parade layangan kreasi dan beberapa kegiatan yang melibatkan tidak saja masyarakat lokal, namun juga pengusaha pariwisata seperti hotel, restoran, travel agent, dan lainnya serta usaha perikanan yang ada di desa ini.

Menurut I Wayan Mertha, Bendesa Adat Kedonganan mengatakan untuk memperkenalkan konsep ini kepada publik dan membangun awareness komunitas dan para stakeholders di Kedonganan, maka tahun 2018 khususnya di bulan Nopember, digelar Festival Mina Wisata. Dengan digelarnya festival tersebut, diharapkan terbangun kesadaran masyarakat, pengusaha dan stakeholder’s lainnya untuk selalu bekerjasama dan bergandengan tangan dalam membangun kepariwisataan berkelanjutan di Kedonganan. Semoga festival ini dapat berlangsung dengan meriah dan sukses, sehingga cita-cita membangun kepariwisataan berkelanjutan di desa ini dapat terwujud. Terima kasih kepada semua pihak yang telah saling bahu membahu menyukseskan festival ini.

Jimbaran Bay Beach Resort & Spa sebagai satu-satunya Resort bintang 4 di kawasan Pantai Kedonganan, melalui Christian Gumala selaku General Manager menyampaikan apresiasi dan dukungannya terhadap kegiatan positif yang diadakan oleh masyarakat Kedonganan ini. Dengan adanya kegiatan ini beliau mengharapkan masyarakat umum dan tentunya wisatawan mancanegara akan lebih mengetahui keberadaan Pantai Kedonganan yang tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai yang ada di Bali. Pantai Kedonganan merupakan asset yang harus dilestarikan, dijaga keindahan dan kebersihannya.

Jimbaran Bay Beach Resort & Spa terletak di desa Kedonganan yang terkenal dengan aktivitas nelayannya dan dikelilingi oleh indahnya pantai berpasir putih Kedonganan, berjarak hanya 15 menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai membuat. Resort ini dirancang antara perpaduan tradisional Bali dan konsep modern. Resort ini tidak hanya cocok sebagai tempat tinggal, tetapi juga sempurna sebagai tempat pertemuan bisnis, resepsi pernikahan, ulang tahun dan acara khusus lainya. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.