Festival Parade Pesona Kebangsaan Angkat Ende sebagai Kota Pancasila

Ende (Paradiso) – Kabupaten Ende, Flores setiap tahun menggelar Festival Parade Pesona Kebangsaan untuk memperingati lahirnya Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni. Festival yang direncanakan akan dilaksanakan tanggal  29  Mei 2019 s/d 01 Juni 2019 itu  sebagai wujud nyata semangat kebangsaan dan  diisi dengan berbagai acara menarik.

Festival yang digagas bekerjasama dengan  Kementerian Pariwisata RI ini bertujuan untuk Membangkitkan kembali semangat nasionalisme dalam mempertahankan nilai-nilai Kebangsaan, mengenang kota Ende sebagai kota sejarah lahirnya nilai-nilai Pancasila, Mempromosikan tempat-tempat wisata, Seni dan Budaya Kabupaten Ende kepada wisatawan dalam dan luar negeri guna meningkatkan kunjungan, Mempromosikan produk unggulan daerah kepada buyer dan investor dalam dan luar negeri sehingga dapat mendorong minat investor merealisasikan investasi di Kabupaten  Ende, Mewariskan dan mempertahankan nilai sosial budaya, adat Istiadat yang telah hidup dan berkembang di wilayah Nusantara tanah air Indonesia, Meningkatkan Destinasi Kabupaten Ende sebagai destinasi yang memiliki jejak sejarah Bung Karno dan memperkuat Citra Kota Ende  sebagai kota lahirnya Pancasila, Mendukung promosi wisata nasional serta Menumbuhkembangkan apresiasi terhadap seni dan Budaya Daerah.

Sementara kegiatan yang bakal ditampilkan dalam Festival tersebut antara lain FASHION SHOW  Kain Tenun Ikat Ende. Fashion show ini berlangsung sepanjang jalan Soekarno dengan menampilkan Desain Kontemporer. Acaranya  dilaksanakan pada tanggal  29 Mei 2019  Pukul 17.00 wita dengan start di jl. Soekarno depan kantor Dinas Pariwisata Kab. Ende   dan Finish di Museum Tenun Ikat. Selain itu juga ada PAGELARAN BUDAYA. Kegiatan ini akan menampilkan tarian tradisional, tarian kreasi baru, lagu-lagu Daerah yang diiringi dengan alat musik tradisional.

Peserta pagelaran seni budaya adalah kelompok sanggar masyarakat,dari 21 Kecamatan se Kabupaten Ende, sekolah-sekolah dalam wilayah Kota Ende, serta paguyuban-paguyuban Nusantara yang ada di Ende. Pagelaran Seni Budaya Daerah akan dilaksanakan pada Tanggal,30 Mei s/d 31  Mei  2019  bertempat di Lapangan Pancasila Ende .

Yang menarik juga adalah  akan ada ENDE CULTURE  EXPO. Kegiatan ini Menampilkan Kerajinan Tangan ( Souvenir) berupa tenun ikat, busana, dompet, tas, kipas, topi, dasi, asbak rokok, tempat tissue, alas gelas, hiasan dinding, dan lain-lain, yang dibuat dari bahan lokal setempat dengan harga terjangkau. Selain itu menampilkan makanan Khas Daerah ( Kuliner) yang diadakan oleh kelompok-kelompok pelaku kuliner setempat. Kegiatan ini  akan dilaksanakan pada tanggal, 30 s/d 31  Mei 2019  bertempat di Lapangan Pancasila .

Sementara itu para pecinta kopi dapat mengikuti FESTIVAL KOPI. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak para Petani Kopi, Para Peracik, dan para penikmat  Kopi  untuk mengangkat dan memperkenalkan Kopi ke masyarakat luas. Festival Kopi dilaksanakan pada tanggal 30  s/d 31 Mei 2019  bertempat di Lapangan Pancasila. Diawali dengan menyampaian materi oleh pakar Kopi tentang kopi dan Filosofinya, Cara Meracik dan memperkenalkan berbagai jenis kopi yang ada dengan berbagai rasa yang berbeda.

Sementara itu yang diperkirakan seru adalah  PARADE LAUT. Parade ini akan bertolak dari Pulau Ende menuju Pelabuhan Ende.  Parade ini akan  didahului dengan upacara deba, Zikir yang diselenggarakan pada malam hari di Pulau Ende oleh  tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat di pulau Ende . Rombongan  Parade  laut start dari pulau Ende  tanggal 31 Mei 2019 pada pukul 09 Pagi dan tiba di Ende pada pukul 12.00 siang. Peserta diperkirakan sebanyak 100 Buah Perahu dan  dipimpin oleh kapal KRI Angkatan Laut .  (*tim ende)

Facebook Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.