Festival Pesona Bunaken 2018 Banjir Hadiah

MANADO (Paradiso) – Hadiah menarik menunggu di Festival Pesona Bunaken 2018. Hadiah uang akan dibagikan bagi peserta terbaik di beberapa sub event perlombaan. Festival Pesona Bunaken akan berlangsung 19-22 Juli 2018.

“Festival Pesona Bunaken tahun ini memiliki keunikan tersendiri. Festival ini menyiapkan hadiah besar untuk beberapa perlombaan. Jadi, festival ini jangan sampai terlewatkan lantaran eventnya menarik,” ungkap Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Kamis (12/7).

Secara umum, Festival Pesona Bunaken 2018 akan digelar di tiga tempat. Yaitu, Manado Town Square, Boulevard, dan Pulau Bunaken. Semuanya berada di Kota Manado, Sulawesi Utara. Total ada enam sub event lomba yang akan digelar. Ada Lomba Perahu Hias, Lomba Kolintang, Lomba Maengket, Lomba Atraksi Budaya, dan Lomba Karnaval Budaya.

Dari beberapa perlombaan itu, Lomba Kolintang termasuk mencuri perhatian. Sebab, lomba ini menyediakan hadiah total Rp16 Juta.

“Musik Kolintang adalah salah satu kekayaan di Sulawesi Utara. Iramanya sangat khas. Lomba Musik Kolintang ini tentu menjadi daya tarik kuat festival ini. Selain menghibur, peserta terbaik juga akan diberi beragam apresiasi,” terang Menpar.

Rincian hadiah untuk juara Lomba Kolintang adalah, Rp7,5 Juta untuk juara Pertama. Posisi runner up diganjar Rp5 juta, lalu hadiah Rp3,5 Juta jadi milik urutan ketiga.

“Selain uang pembinaan, ada juga trofi dari gubernur bagi tiga peserta terbaik. Selain unjuk skill, peserta juga harus menaati berbagai regulasi yang berlaku,” jelasnya lagi.

Peserta berasal dari sanggar atau grup Kolintang di Sulut. Mereka dibebaskan biaya pendaftaran. Setiap grup terdiri dari 9 hingga 14 orang. Mereka harus membawakan tiga lagu, yaitu wajib juga pilihan. Untuk peralatan Kolintang disediakan penyelenggara bagi 9 orang.

Selain Lomba Kolintang, kemeriahan juga ditawarkan Lomba Atraksi Budaya. Lomba ini akan digelar Sabtu (21/7), mulai pukul 09.00 WITA. Lokasinya di Pulau Bunaken. Peserta terdiri kelompok (group) dengan jumlah awak 10-20 orang. Digelar dalam konsep parade, tema dari atraksi yang disajikan tentang bahari dan budaya lokal. “Atraksi Budaya jadi fenomena lain festival ini. Dengan hadiah yang ditawarkan, masyarakat harus ambil bagian,” katanya.

Event ini terbuka bagi umum. Total hadiah yang disiapkan Rp10 Juta. Juara mendapatkan uang Rp5 Juta. Runner up dihadiahi Rp3 Juta, lalu Rp2 Juta jadi milik peserta urutan tiga. Selain uang, ada juga trofi. “Dengan daya tarik beragam lomba ini, festival ini akan semakin banyak menarik jumlah pengunjung,” ujar Menpar lagi.

Total hadiah lebih besar disiapkan Lomba Carnaval Budaya. Nilainya mencapai Rp22,5 Juta. Juara juga berhak atas trofi gubernur. Rinciannya, penampil terbaik dihadiahi uang Rp10 Juta. Runner up diganjar Rp7,5 Juta, lalu uang Rp5 Juta menjadi milik penampil terbaik ketiga. Event ini akan digelar Minggu (22/7) mulai pukul 13.00 WITA.

Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Esthy Reko Astuti menerangkan, Festival Pesona Bunaken 2018 merupakan event terbaik. Sebab, Manado juga didukung infrastruktur luar biasa.

“Besar hadiah yang ditawarkan sangat menggiurkan. Peserta pasti akan berlomba menampilkan materi terbaik. Yang jelas, secara umum kemasan dari festival ini sangat bagus. Culture dan nature jadi satu, saling menguatkan. Selain atraksinya yang bagus, akasesibilitas dan amenitas di Manado adalah yang terbaik,” pungkasnya. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.