Festival Pesona Tambora Gemakan Pariwisata NTB

Jakarta (Paradiso) – Dalam upaya promosi pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB), Kementerian Pariwisata Kerjasama dengan Pemda NTB dan Harian Kompas kembali menggelar Festival Pesona Tambora (FPT) 2016. FPT 2016 akan digelar pada 11-16 April 2016 di Nusa Tenggara Barat. Pada penyelenggaraan awalnya tahun lalu, kegiatan ini digelar untuk memperingati 200 tahun letusan Gunung Tambora.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Kementerian Pariwisata akan membantu Nusa Tenggara Barat dalam hal pemasaran pariwisata Nusa Tenggara Barat berbentuk festival berskala nasional. Salah satu festival yang didukung adalah Festival Pesona Tambora 2016. “Saya harap Festival Pesona Tambora bisa mendunia,” kata Arief Yahya dalam Launching Festival Pesona Tambora 2016 di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona, Senin (11/1/2016) malam.

Dijelaskan Menpar, posisi pariwisata NTB semakin mendunia dengan terpilihnya Lombok sebagai The World’s Best Halal dan The World’s Best Halal Honeymoon Destination pada ajang World Halal Travel Awards 2015, di Dubai, Uni Emirat Arab, baru-baru ini.

“Dengan prestasi ini sudah selayaknya kalau NTB mengedepankan tema halal atau friendly tourism sebagai  destination brandinguntuk mendukung country branding Wonderful Indonesia yang kini telah mendunia. Popularitas Wonderful Indonesia kini berada di ranking 47 dunia dengan nilai 74,8  point atau di tingkat Asia berada di uturan ke-4 di bawah Jepang, India, dan Singapura,” kata Menpar.

Gubernur NTB  Tgh. M. Zainal Majdi menambahkan, sektor pariwisata benar-benar berdampak besar pada perekonomian masyarakat. “Sektor pariwisata merupakan salah satu dari dua sektor yang menjadi prioritas. Dengan event ini, kami ingin menunjukkan bahwa sektor pariwisata di NTB tidak pernah ada habisnya,” katanya.

Pemimpin Redaksi Harian Kompas, Budiman Tanuredjo mengatakan Festival Pesona Tambora 2016 adalah bentuk tindak lanjut dari Festival Tambora tahun lalu ketika Presiden Jokowi meresmikan Tambora sebagai taman nasional.

“Jokowi memerintahkan dua hal, bagaimana taman nasional ini dirawat dan bagaimana Tambora punya event tahunan. Inilah yang direalisasikan oleh Menteri Pariwisata,” kata Budiman.

Ada tiga kegiatan utama event yang digelar pada 11-16 April 2016 tersebut yaitu pra-event, main event dan post event.

Untuk kegiatan pra-event antara lain; launching, seminar (wisata bahari, Rinjani menuju geopark dunia, dan Lombok wisata halal dunia), peziarahan Tambora (pameran Tambora dan perjalanan wartawan), Gili tapan (upacara lau, pertunjukan musik gambus lautan dan layaran film), perkebunan kopi Tambora (gelaran budaya, kompetisi kopi kreatif, dan cargo cult festival).

Sementara itu untuk kegiatan main event antara lain digelar Tambora running (ultracrun 320 k & 100 k, Tambra Ultra 50k & 25k) Tamboran bike camp, Tambora Festival, Pulau Satonda (Tambora  leterary and film festival, dan pameran seni rupa dan instalasi art-arche di Galeri Seni Satonda) dan ritus budaya Tamboraman, sedangkan kegaitan untuk post-event antara lain klik fotografi trip. (bowo)

Facebook Comments

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.