Film Animasi Dalam Negeri Ditargetkan Isi Pasar Domestik

animasi indonesiaJakarta (Paradiso) – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menargetkan produk industri animasi dalam negeri lima tahun ke depan bisa mengisi pasar animasi domestik yang sampai sekarang 90% di antaranya masih dikuasai produk asing.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu targetnya supaya kita mengisi pasar sendiri di dalam negeri, saat ini  animasi dalam negeri terutama film di televisi, 90% masih dari luar. Meski demikian, tidak tertutup kemungkinan untuk membidik pasar global melalui film animasi layar lebar karena produksi film animasi dengan target pasar global tidak hanya memberikan keuntungan dari distribusi tapi juga berdampak ke pariwisata.

“Contohnya bagaimana film Kungfu Panda dan Mulan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Tiongkok.  Selain itu juga pencitraan mengenai negaranya dan bahwa budayanya yang luar biasa kayanya itu terangkat. Nilai ekonomi pencitraan buat negara luar biasa,” ujar Mari.

Dikatakan, saya juga mendukung produksi film animasi Battle of Surabaya buatan studio STMIK Amikom, MSV Pintures, yang sudah ditawarkan ke “raja” animasi Walt Disney untuk didistribusikan secara global.

“Misalnya Battle of Surabaya menjadi hits, bukan hanya nilai distribusinya yang tinggi karena secara internasional, tetapi nama Indonesia juga terangkat, orang akan bertanya Surabaya ada di mana? Di Indonesia. Indonesia itu di mana? Kita harus kunjungi Indonesia,” katanya.

Ditambahkannya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga sedang menyiapkan cetak biru pengembangan industri animasi yang antara lain mencakup rencana aksi dalam lima tahun, termasuk di dalamnya bagaimana mengisi pasar di dalam negeri sendiri.

Menurut catatan kementerian, pertumbuhan usaha ekonomi kreatif sektor film, video dan fotografi pada 2013 sebesar 2,74%. Angka tersebut menurun jika dibandingkan dengan laju pertumbuhan tahun sebelumnya (2012) yang mencapai 2,97%. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.