Gandeng Kemenpar, Hari Jadi Korpri Diisi dengan Expo Layanan Publik

JAKARTA (Paradiso) – Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) memasuki usia ke-47 tahun. Merayakan hari jadi tersebut, Pasar Rakyat atau Expo Layanan Publik Korpri segera digelar. Generasi milenial dilibatkan. Kegiatan yang juga didukung Kementerian Pariwisata (Kemenpar) itu dipusatkan di Plaza Timur Senayan, Jakarta, 24-29 November 2018.

Sekretaris Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Ukus Kuswara, yang juga Ketua Panitia Nasional HUT Korpri ke-47 mengatakan, generasi milenial digandeng untuk membangun karakter bangsa.

Menurut Ukus, para milenial perlu dilibatkan karena mereka dinilai lebih melek terhadap perkembangan teknologi. Karenanya, mereka dapat berkontribusi menyampaikan informasi dengan tepat melalui media sosial.

”Pernyataan tersebut sesuai dengan Inpres No.12/2016 bahwa Korpri ingin bersinergi dengan milenial dalam membentuk karakter bangsa yang memiliki integritas, etos kerja dan semangat gotong royong,” ujarnya.

Terkait gelaran acara nanti, Ukus mengatakan panitia telah menyusun serangkaian kegiatan yang diperuntukkan bagi anak muda. Seperti lomba fotografi bertema Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja melayani dan menyatukan bangsa. Ada juga lomba foto dan video antihoax oleh Kemkominfo. Terakhir, voting PNS Inspiratif dan Vlog PNS Inspiratif oleh KemenpanRB.

“Ikon HUT Korpri sendiri meliputi 7 keigatan. Yaitu Upacara Bendera, Apresiasi Seni; Korpri Mempesona, Pasar Rakyat (Korpri Expo), Lomba Angklung, dan MTQ,” ungkapnya.

Pada Pasar Rakyat, lanjut Ukus, akan ada layanan kesehatan gratis. Selain itu, ada pula booth layanan passpor, layanan KTP, layanan SIM dan lain sebagainya. Ada pula bazaar kuliner khususnya kuliner sea food dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, panggung hiburan dan spot foto yang instagramable.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya menuturkan, peringatan HUT Korpri ke-47 saat ini mengambil filosofi bambu yang akarnya menjadi perekat tanah. Ini merupakan simbol memperkokoh dan mempersatukan bangsa. Bambu yang subur di Indonesia, tumbuh secara berumpun yang merupakan simbol solidaritas dan kebersamaan.

“Rangkaian kegitan utama HUT Korpri meliputi 4 olah dan 7 ikon. Yaitu Olah Rasio, Olah Rasa, Olah Raga dan Olah Ruh,” bebernya.

Olah Rasio, lanjut Arief, meliputi Talk Show, Kopdar Keren dan Awarding. Untuk Olah Rasa meliputi Expo, Bazaar, dan berbagai festival. Sedangkan pada Olah Raga ada Family Fun Bike & Wheel Chair 10K, dan Permainan Tradisional Winway. Selanjutnya untuk Olah Ruh meliputi MTQ, Donor Darah dan Ziarah Taman Makam Pahlawan (TMP).

“Puncak acara difokuskan di Istora Senayan, tanggal 29 November 2018. Diawali dengan upacara bendera dan berlanjut ke acara apresiasi seni yang akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo,” pungkasnya. (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.